Inspirasi, kekuatan pikiran

Bagaimana Langkah Mudah dan Cepat untuk “Menghilangkan” Minder atau Tidak Percaya Diri?

Bisakah minder atau tidak percaya diri bisa dihilangkan dengan mudah dan cepat? Jawabannya ya Sangat bisa. Minder atau tidak percaya diri itu bukan penyakit sih melainkan sebuah sikap yang dihasilkan dari cara berpikir yang salah. Banyak orang yang mengalami kondisi seperti ini.

Merasa minder, merasa tidak percaya diri. Misalnya ketika bertemu orang lain. Atau ketika disuruh untuk berbicara didepan orang. Tapi yang kebanyakan itu minder untuk menjadi kaya. Atau tidak percaya diri untuk menjadi kaya. Anda pasti mau protes dengan pernyataan saya ini. “mana ada orang tidak percaya diri menjadi kaya?”. Coba deh lihat kenyataannya, orang kaya itu sedikit kan?

Penyebab Minder dan Tidak Percaya Diri

Minder dan Tidak percaya diri adalah situasi atau sikap yang dihasilkan dari kumpulan program dari pikiran seseorang. Hidup seseorang itu dimulai sejak dalam kandungan. Beranjak jadi bayi, balita, anak, remaja dan dewasa. Dan selama perjalanan hidup itu pasti mengalami banyak kejadian, banyak informasi. Nah kejadian dan informasi itulah yang membentuk program dalam pikiran kita. Ketika programnya salah maka terbentuklah rasa minder dan tidak percaya diri ini.

Saya pernah mengalami situasi seperti ini. Saya pernah menjadi orang yang minder dan tidak percaya diri. Makanya kalau saya sekarang bertemu teman SD, SMP, SMA pasti mereka kaget dengan perubahan karakter dalam diri saya. Karena firman yang mereka kenal dulu memang minder dan tidak percaya diri kalau disuruh tampil. Padahal saya secara akademik selalu rangking satu. Ketika SMA kelas 2, 3 saya mulai untuk berubah. Sampai kuliah juga masih ada kadang muncul rasa minder dan tidak percaya diri itu.

Cara Menghilangkan Minder dan Tidak Percaya Diri

Lalu bagaimana langkah mudah dan cepat untuk menghilangkan minder atau tidak percaya diri? Sebenarnya mudah untuk membuat kita menjadi selalu percaya diri itu. Yang membuat saya waktu tersadar dari tidur panjang adalah ketika membaca sebuah ayat di Alquran “Sesungguhnya Kami telah ciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya”. QS. At Tin ayat 4.  Ketika membaca ayat itu saya langsung “deg”.

Dan ada yang membisiki, “kamu itu diciptakan ALLAH untuk menjadi manusia yang hebat, ayo hadapi semuanya”

Sejak saat itu kalau rasa minder dan tidak percaya diri itu muncul lagi maka langsung saja saya ingat bahwa saya diciptakan ALLAH untuk menjadi manusia yang hebat maka hadapi saja. Dan memang benar begitu semuanya dihadapi dan dijalani maka selalu ada keajaiban dan kemudahan yang menghampiri. Saya ingat waktu masih kuliah, Ketika awalnya saya tidak percaya diri bisa menyelesaikan tugas dari dosen. Tetapi begitu saya kuatkan pikiran untuk hadapi saja maka ada tangan-tangan ajaib ALLAH yang bekerja. Ada aja teman yang dengan sukarela membantu.

kunci-percaya-diri

Sampai sekarang ya saya selalu menghadapi saja apa yang ada didepan. Mau bertemu siapa aja ya hadapi saja. Toh sama-sama manusia. Ketika percaya diri maka semua keajaiban selalu menyelimuti. Dan ALLAH memang menciptakan kita dengan sebaik-baik penciptaan. Sadari itu. Dengan menyadari bahwa kita MANUSIA ciptaan ALLAH maka seharusnya sudah menghilangkan minder dan tidak percaya diri. Tujuan saya membuat AMC adalah supaya setiap orang menyadari sepenuhnya bahwa dirinya adalah MANUSIA yang diciptakan oleh TUHAN. Karena TUHAN pasti menciptakan sudah dengan segala kebaikannya. Beda lagi kalau anda mempercayai bahwa diri anda itu ciptaan pabrik. 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.