Inspirasi, Spiritual

Saatnya kembali ke Fitrahnya Manusia yang Sesungguhnya di Hari Idul Fitri

Idul Fitri tahun 1441 H hanya kurang satu hari lagi. Saatnya kembali ke fitrahnya manusia yang sesungguhnya. Ramadhan dalam keheningan di tahun 2020 ini sudah memasuki penghujungnya. Besok adalah hari terakhir umat Islam di Indonesia menjalankan puasa.

Bulan ramadhan adalah bulan yang ditujukan sebagai bulan latihan atau training untuk kembali ke fitrahnya manusia yang sesungguhnya. Dan itulah makna dari menjadi manusia bertakwa, atau dalam bahasa AlQuran adalah “La’allakum Tattaquun”. Kalimat ini ada di akhir ayat Al Baqarah 183 yang biasanya menjadi rujukan dalam menjalankan ibadah puasa. Sudah jelas bahwa tujuan puasa bukan untuk latihan menahan lapar ya tapi untuk menjadi Manusia yang sesungguhnya.

Sudahkah menjadi Manusia?

Tentu anda bertanya-tanya, “apakah saya sekarang belum menjadi manusia?”. “bukannya saya punya kaki, punya tangan dan hidup?”. Mungkin secara fisik anda disebut manusia, tapi belum menjalankan fungsi fitrahnya manusia.

Apa fitrahnya manusia itu? yaitu manusia yang mampu menguasai pikirannya, yang mampu mengendalikan pikirannya dan menggunakan pikirannya untuk kebaikan hidup.

Tadi siang saya memberikan kelas AMC online kepada seorang pengusaha dari kota Mataram, NTB. Usianya sudah dibilang senior, diawal kelas beliau sudah mulai berani mengakui kesalahan dari pemahamannya selama ini. Bahkan sempat beliau ungkapkan “kenapa saya baru ketemu mas firman sekarang, coba ketemunya 4 tahun lalu pasti bisnis saya tetap maju dan tidak tertipu . Gara-gara ilmu bisnis yang saya masukkan ke pikiran jadinya gini deh”. Maka saya jawab “ngga apa-apa pak masih bisa diubah semuanya, masih bisa diperbaiki asal memang sungguh-sungguh mau mengubah pemahamannya yang salah”.

Cukup seru suasana kelas tadi dengan bapak yang satu ini. Meskipun usianya lebih senior dari saya tapi mau open-minded untuk menerima rumus-rumus AMC. Bahkan ketika sesi akhir saya mengatakan ke beliau “ini hidayah Ramadhan pak, pas di akhir Ramadhan bapak menyadari kembali ke fitrahnya manusia. Yaitu menjadi pemimpin bagi dirinya. Jadi Idul Fitri kali ini benar-benar fitrah ya pak”. Beliau menjawab “Dari dulu saya sudah tahu bahwa idul fitri itu adalah manusia kembali fitrah tapi baru kali ini saya mendapatkan ilmunya dan pemahaman tentang fitrahnya manusia”

Baca ini juga : Selain Ayah Ibumu ada orang yang juga perlu Anda mintai Maaf

Banyak Manusia yang Lalai

Kenyataannya banyak manusia itu tidak menjalani kehidupan sebagai manusia. Yaitu manusia yang lalai. Tidak menjalankan fungsi yang sudah Tuhan berikan kepada dirinya sebagai manusia. Padahal mengaku diri sebagai manusia tapi tidak kenal apa fungsi dari fitrahnya manusia itu. Ada ayat di Alquran yang menjelaskan tentang hal ini.

Dan sesungguhnya Kami jadikan untuk (isi neraka Jahannam) kebanyakan dari jin dan manusia, mereka mempunyai pikiran, tetapi tidak dipergunakannya untuk memahami dan mereka mempunyai mata (tetapi) tidak dipergunakannya untuk melihat , dan mereka mempunyai telinga (tetapi) tidak dipergunakannya untuk mendengar . Mereka itu sebagai binatang ternak, bahkan mereka lebih sesat lagi. Mereka itulah orang-orang yang lalai. QS.AL A’raf 179

Hari Kemenangan Idul Fitri

Ramadhan telah hampir berlalu, Hari (yang seharusnya) kemenangan sudah menanti yaitu IDUL FITRI. Yaitu kemenangan untuk bangkit menjadi MANUSIA yang sesungguhnya. Kemenangan untuk mampu menguasai Pikiran. Dan Kemenangan untuk mampu menundukkan Pikiran. Itulah ciri Fitrahnya Manusia atau disebut sebagai Manusia yang bertakwa. Renungkan ini dan sadarilah.

idul-fitri

Ramadhan segera berlalu, bulan penuh kebaikan segera kita lewati. Tapi percayalah jika kita keluar Ramadhan sebagai Manusia Fitrah maka 11 bulan kedepan pasti menjadi bulan yang juga berlipat kebaikan, kemudahan dan keberlimpahan. Aamiin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.