Inspirasi, Spiritual

Bulan Ramadhan Seharusnya Menjadi Bulan Perubahan Hidup

Bulan ramadhan adalah bulan yang istimewa. Bulan ramadhan seharusnya menjadi bulan perubahan hidup. Karena tujuan bulan Ramadhan adalah membuat manusia kembali ke fitrah. Makna fitrah adalah kembali ke default setting sebagai manusia.

ciri puasa yang diterima allah

Seperti bayi yang baru lahir. Tapi banyak umat islam sekarang memasuki bulan ramadhan hanya sekedar menggugurkan kewajiban saja. Puasa disiang hari, shalat tarawih dimalam hari, membaca alquran. Untuk melihat efeknya adalah kehidupan setelah Ramadhan. Kalau kehidupan kita setelah ramadhan itu biasa saja maka artinya apa yang kita kerjakan selama Ramadhan ini adalah sia-sia. Tapi ketika kehidupanmu setelah Ramadhan menjadi lebih baik maka artinya apa yang kita kerjakan selama Ramadhan itu benar.

Bulan Ramadhan adalah bulan Perubahan

Apa yang harus dilakukan agar bulan Ramadhan menjadi bulan perubahan hidup?  Kita harus menyadari bahwa bulan Ramadhan ini adalah bulan untuk perubahan. Kita harus melakukan perubahan cara berpikir kita. Mau merenungi semua kesalahan-kesalahan dari cara berpikir kita selama ini. Malam hari sehabis shalat tarawih coba duduk-duduk dulu santai bisa didepan rumah, atau dimushalla atau dimasjid. Jangan buru-buru makan lagi ya.

kelebihan-puasa-ramadan

Kondisi pikiran setelah shalat tarawih itu harusnya santai atau dalam istilah saya adalah Alpha State. Nah disitu kita bisa melakukan perubahan-perubahan cara berpikir dengan baik. Bukan malah meratapi nasib yang jelek, meratapi hutang, meratapi situasi lockdown dan sebagainya.

Ingat : AKU tidak akan mengubah nasib suatu kaum sebelum kaum itu mengubahnya sendiri.

Kalau yang anda terus pikirkan adalah kejelekan, kesusahan dan ketidaknyamanan maka kondisi itu terus yang pasti menyelimuti hidup anda. Maka segera geser pikiran anda, geser fokus anda. Geserlah ke pikiran yang menyenangkan dan enak saja. ALLAH juga berfirman “dalam setiap kesusahan pasti ada kemudahan”. Artinya Allah pasti memberi sisi yang baik. Tergantung anda, tergantung kita untuk menggeser persepsi dari pikiran kita.

Baca lagi artikel ini ya : Lakukan cara ajaib ini untuk Menghadirkan solusi dari masalah hidup

Bulan ramadhan situasinya mendukung banget untuk melakukan perubahan diri, jam kantor juga pasti berkurang. Setiap malam pasti shalat tarawih, ada makan sahur jam 3 pagi. Itu adalah situasi-situasi yang secara otomatis menghadirkan kondisi santai atau kondisi alpha. Maka lakukanlah perubahan di pikiran anda. Anda harus mau menyadari bahwa semua cara berpikir anda selama ini keliru. Buktinya hidup anda tidak nyaman kan. Yang membuat hidup seseorang itu tidak nyaman adalah hasil dari pikirannya. Jadi kalau tidak mau mengakui kesalahan itu maka ya selamanya hidup tetap saja.

Ubahlah Pikiranmu !

Mumpung ramadhan masih tersisa separuh perjalanan, masih ada waktu untuk melakukan introspeksi diri tentang semua program pikiran yang salah. Sehingga dengan melakukan introspeksi ini kita menjadi lebih dekat dengan ALLAH dan tidak sibuk menyalahkan nasib,tidak sibuk menyalahkan ALLAHnya. Allah itu sudah memberikan kita pikiran sebagai kunci kehidupan yang harus digunakan dengan benar untuk membuat hidup penuh kebaikan dan kesuksesan.

Ayo jadikan bulan ramadhan tahun ini sebagai bulan perubahan hidup, bukan hanya sekedar bulan yang penuh banyak ritual saja. Karena jika hidup setelah ramadhan sama saja maka itu namanya termasuk golongan orang yang merugi. Disebut golongan beruntung jika kehidupan dimasa depan itu lebih baik dari masa sekarang. Anda mau pilih mana? mau masuk golongan merugi atau golongan beruntung? Terserah anda, karena bagaimana hidup anda sesungguhnya ada di tangan anda sendiri.

2 tanggapan untuk “Bulan Ramadhan Seharusnya Menjadi Bulan Perubahan Hidup”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.