Inspirasi

2 Hal ini Yang diperlukan untuk Melakukan Perubahan Hidup, ternyata tidak tergantung Umur

“umur saya sudah 57 mas firman, apa masih bisa belajar AMC?”, tanya seseorang melalui whatsapp ke nomor saya. Mungkin anda yang sudah berusia diatas 55 tahun juga memiliki pertanyaan yang sama. Memang seringkali banyak orang menjadikan umur sebagai batasan dalam melakukan perubahan hidup atau untuk meraih impian.

rahasia-kehidupan

Padahal banyak juga orang kaya yang baru memulai menikmati kesuksesannya disaat umur diatas 50 tahun. Ini menjadi bukti bawah melakukan perubahan hidup tidak tergantung dari umur seseorang.Meksipun rambutnya sudah memutih, orang umum menyebut sebagai usia senja tapi sebenarnya tetap bisa melakukan perubahan hidup. Umur yang diatas 55 tahun seringkali disebut juga sudah tidak produktif. Padahal pernyataan ini justru menjadi “sugesti” negatif bagi mereka yang umurnya diatas 55 tahun.

Banyak orang tua yang umurnya diatas 55 tahun tanpa disadari memasukkan program di pikiran yang terkesan membatasi kemampuannya sendiri. Padahal seharusnya ketika pikiran dijaga tetap positif maka umur bukan menjadi alasan untuk melakukan perubahan hidup. Ada tokoh terkenal dunia yang melakukan perubahan hidupnya disaat usia diatas 55 tahun, tepatnya diusia 60 tahun. Dia adalah pendiri ayam goreng KFC, Colonel Sanders baru memulai usaha ayam gorengnya saat usia 60 tahun. Kala itu ia sudah pensiun sebagai tentara. Banyak orang menertawakannya saat itu. Namun, dia yakin dengan keputusannya. Akhirnya terbukti, Kentucky Fried Chicken (KFC) menjadi salah satu restoran terfavorit orang-orang di berbagai belahan dunia.

Selain sanders, ada lagi yaitu pembuat Coca Cola, John Pamberton. Dia memulai bisnis minuman Coca Cola di usia 55 tahun. Dan terus mengembangkan bisnis minumannya sehingga kita bisa menikmati minuman Coca Cola sampai saat ini. Di usia yang diatas 55 tahun, justru mereka mampu melakukan perubahan hidup yang cepat, yang luar biasa. Jelas hal ini membuktikan bahwa untuk melakukan perubahan hidup tidak tergantung umur. Tetapi tergantung dari mindset alias cara berpikirnya.

Kalau saya ditanya “apa saja hal penting untuk melakukan perubahan hidup?” maka jawabannya ada 2 Hal yang diperlukan untuk melakukan perubahan hidup. Apa saja 2 hal itu?

Pertama, Masih Bisa Bernafas Normal

Orang yang masih bisa bernafas normal maka pasti bisa melakukan perubahan hidup. Artinya, manusia yang masih bisa hidup, masih bisa menghirup udara dengan normal. Tapi banyak orang mengeluh dia tidak bisa mengubah hidupnya.

Padahal umurnya masih dibawah 40 tahun. Oh ya, saya teringat kemarin ada seseorang yang menelepon saya. “pak firman, saya diusia 40tahun ini belum memiliki rumah sendiri, belum memiliki mobil. Apa itu semua salah saya?”. Ya saya jawab : memang itu adalah kesalahan di pikiran bapak sendiri. Kondisi bapak sekarang sebetulnya sudah sesuai dengan apa yang ada di pikiran bapak. Lalu bapak ini protes “saya udah kerja keras mas, sudah mencoba berbagai bisnis”. Bapak coba baca dulu buku saya atau blog saya atau youtube saya ya.

Kedua, Masih Bisa Berpikir

Kunci melakukan perubahan hidup ada di “mindset”, bukan tergantung umur. Maksud dari mindset adalah cara berpikirnya.

Kalau cara berpikirnya umur tua itu tidak bisa menghasilkan apa-apa, maka ya begitulah kenyataan yang terjadi. Apalagi kalau berpikirnya, umur tua itu menyusahkan sudah capek berpikir. Ya justru hal ini membuat umur tua seolah-olah tidak bisa berkarya. Pengalaman saya dikeluarga, papa saya usia 62tahun masih terus ingin aktif berkegiatan dan alhamdulillah sekarang aktif di salah satu NGO (LSM Internasional) yang bergerak dibidang kesehatan. Begitu juga dengan mertua saya yang setelah memasuki masa pensiun masih juga aktif di Komisi Informasi Daerah.

Buat anda yang saat ini umurnya diatas 55 tahun, jaga pikiran anda untuk tetap berpikir yang bahagia, yang sehat dan produktif. Percayalah Tuhan tidak membatasi umur untuk melakukan perubahan, karena perubahan hidup tergantung dari pikiran anda sediri.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.