Inspirasi, kekuatan pikiran

Ikuti 5 Tips Menjaga Pikiran ini agar Tubuh Selalu Sehat Dalam Segala Kondisi

Menjaga pikiran untuk membuat tubuh selalu sehat dalam segala kondisi. Sebagian dari anda mungkin bertanya-tanya. Yang ingin selalu sehat kan tubuh, tetapi kenapa pikiran yang dijaga?  jawabannya adalah karena pikiran itu adalah sumber dari kontrol semua fungsi tubuh kita. Pikiran adalah tempatnya semua program dari organ-organ tubuh.

Ketika pikiran menjadi stress maka hormon adrenalin dalam tubuh juga meningkat. Meningkatnya jumlah hormone adrenalin ini meningkatkan pula produksi asam lambung yang menyebabkan munculnya sakit maag. Tak hanya itu, stres dan perasaan negatif lainnya akan merangsang system syaraf simpatik yang akan mengakibatkan kesulitan dalam proses pencernaan makanan sehingga sangat beresiko membuat sakit. Dimanakah stress bermula? dari Pikiran.

Maka menjadi penting untuk menjaga Pikiran agar tubuh selalu sehat dalam segala kondisi. Ketika pikiran dijaga untuk selalu tenang, bahagia dan damai maka pasti hormon yang memicu asam lambung juga tidak keluar dengan banyak sehingga sistem pencernaan baik-baik saja. Artinya kesehatan tubuh selalu terjaga. Bagaimana caranya menjaga pikiran kita dalam kehidupan sehari-hari agar tubuh juga ikut selalu sehat dalam segala kondisi? Ada 5 tips yang ingin saya bagikan pada artikel kali ini untuk anda. Dibaca dengan baik dan terapkan ya.

Pertama, Bangun pagi sambil Tersenyum

Waktu bangun pagi adalah awal dari kehidupan kita seharian nanti. Kalau bangun pagi dimulai dengan amarah, dengan emosi negatif, dengan pikiran yang berat.

Maka itu bisa membuat seharian nanti pikiranmu tidak karuan dan pasti membuat tubuh juga tidak nyaman. Anda bisa membaca doa sesuai agama masing-masing untuk memuji kebesaran Tuhan yang sudah membangunkan anda kembali. Tersenyumlah dengan penuh bahagia dan kesenangan. Jangan malah bangun pagi yang diingat hutang dan hal negatif lainnya, apalagi langsung mengingat wajah orang yang bagi anda negatif. Bahaya itu. Ayo kita jaga pikiran mulai sejak bangun tidur !

Kedua, Nikmati Guyuran Air Mandi Dikepala Kita

Setelah bangun tidur terus mandi ya..seperti lagu anak-anak itu lho. “bangun tidur ku terus mandi” hehe. Nah ketika mandi pasti memakai air kan ya (alah gini aja tanya). Resapi ketika menyiram air ke kepala anda, anda bisa sambil memejamkan mata dan membayangkan ada di sebuah air terjun dengan guyuran air yang banyak itu.

Tarik napas yang dalam lalu lepaskan perlahan. Anda bisa gunakan shower atau gayung juga tidak apa-apa. Karena yang penting anda meresapi setiap siraman air itu kedalam kepala anda, masuk ke pori-pori kepala anda sehingga menyejukkan kepala anda. Sambil menikmati guyuran air mandi itu lalu katakan “Tuhan, ini rasanya nikmat sekali, sejuk sekali. Jadikan hari ini penuh kenikmatan dan kesejukan seperti nikmatnya guyuran air ini ya”

Ketiga, Lakukan Sarapan dengan Santai

Sarapan itu bermanfaat bagi pikiran lho, ingat otak kita butuh energi yang cukup dalam menjalankan aktivitas harian. Dan energi itu ya dari makanan. Makanan awal di hari ini adalah dari sarapan. Tapi sarapannya dengan santai jangan terburu-buru, kalau bahasa saya sarapan sambil “alpha”.

Sarapan yang santai membuat suplai energi ke otak dan pikiran menjadi lancar dan membuat kita menikmati apapun bentuk sarapannya. Meskipun sarapannya sederhana tapi jika dilakukan dengan santai maka pasti terasa nikmat. Coba deh..!

Keempat, Lihatlah tanaman yang Hijau atau Bunga yang Indah

Setelah mengisi energi dengan sarapan yang nikmat, maka berikutnya isilah pikiranmu dengan keindahan alam tuhan. Hampir disemua kota sekarang ada pepohonan hijau di sepanjang jalan, ada juga taman-taman kota yang indah. Atau dihalaman rumah anda harus ada pepohonan hijau dan bunga.

Ini penting untuk selalu masuk ke pikiran kita setiap hari. Dengan melihat tanaman yang indah maka pikiran menjadi bahagia dan damai. Maka pasti tubuh juga selalu sehat. Jadi penting untuk membuat taman kecil dilingkungan rumah kita ya, tidak harus luas yang penting ada ruang untuk tanaman, untuk bunga yang indah.

Kelima, Selalu bersyukur kepada Tuhan

Setelah keempat tips tadi maka harus ditutup dengan selalu bersyukur kepada Tuhan. Dalam setiap kegiatan, setiap kejadian cobalah berprasangka baik kepada Tuhan.

Sering-seringlah mengatakan “terima kasih Tuhan”, “alhamdulillah”, “Maha Baik Tuhan”. Kalau di Alquran ada ayat yang menerangkan hal ini :

Orang-orang yang beriman dan diri mereka menjadi tenteram dengan berzikir (mengingat) Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah diri ini menjadi tenteram” (Qs. ar-Ra’du: 28).

Lakukan dan biasakan 5 tips menjaga pikiran agar tubuh selalu sehat dalam segala kondisi ini mulai sekarang ya. Anda juga bisa bagikan tips ini ke teman-teman dekat anda. Tetap Positif dan semakin sehat ya.

3 tanggapan untuk “Ikuti 5 Tips Menjaga Pikiran ini agar Tubuh Selalu Sehat Dalam Segala Kondisi”

  1. Sudah lama saya mengharapkan kedatangan rezeki itu dalam hidup saya namun tak kunjung datang sampai saat ini. Mungkin aku masih banyak kekurangan dalam mengelola pola pikirku atau perlakuanku dalam menyikapi pola hidup yg benar ataupun minsetku. Bagaimana cara yg baiknya aku harus membuka pintu rezeki itu untuk bisa membuat hidup kami bisa menjadi makmur.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.