Inspirasi, motivasi

Trauma Healing itu bisa dilakukan Dengan 3 Langkah Mudah ini

Trauma Healing, apa sih arti dari 2 kata ini ? Mungkin anda sering mendengar 2 kata ini tetapi belum memahami dengan benar artinya. Saya membuat artikel tentang trauma healing ini karena tadi ada sebuah pesan whatsapp dari seorang alumni platinum AMC, “mas firman, tadi dikantor ada training trauma healing disuruh nyanyi. Tapi karena aku sudah belajar AMC ya aku cuek aja”.

Trauma Healing maknanya adalah cara untuk menyembuhkan atau menghilangkan trauma, sedangkan trauma sendiri adalah kondisi jiwa manusia yang memiliki tekanan akibat suatu peristiwa negatif yang pernah dialami dimasa lalu. Ada banyak jenis trauma yang pernah dialami oleh manusia baik saat kecil, remaja atau ketika sudah dewasa.

Lalu bagaimana cara melakukan trauma healing yang mudah? sebelum membahas tentang cara healing atau menyembuhkan trauma.

saya ingin menyadarkan bahwa sebuah trauma itu letaknya didalam pikiran kita.

Sebuah peristiwa yang dulu pernah dialami oleh setiap manusia pasti tersimpan didalam pikirannya dan ketika peristiwa itu dianggap sesuatu yang jelek maka inilah yang disebut trauma sehingga membekas diusia yang sekarang. Saya juga pernah memiliki trauma, dulu waktu kecil tepatnya ketika usia TK pernah diejek banyak teman karena pernah mengompol dikelas, semua teman menertawakan saya. Efeknya membuat saya malu.

Apa yang terjadi berikutnya, sejak TK sampai SMP saya menjadi gagap bicara, takut ketika bicara didepan kelas, takut ketika berbicara dengan orang baru. Dan bayangan kejadian diejek teman-teman waktu TK selalu muncul, tapi ketika SMA kelas 2 perlahan mulai berkurang dan sekarang semua sudah selesai, anda tentu bisa melihat saya berani berdiri dan bicara dihadapan banyak orang. Bicara dengan orang baru juga sudah sangat berani, saat ini saya menjadi percaya diri. Apa yang saya lakukan untuk menghealing trauma saya, apakah pergi ke terapis, pergi ke psikolog, pergi ke psikiater atau pergi ke orang yang mengaku “pintar”. Jawabannya TIDAK, saya lakukan sendiri untuk mengubah perasaan minder, takut bicara depan orang dan tidak pe-de menjadi perasaan yang baru penuh percaya diri. Apa yang saya lakukan?

Saya ingin berbagi 3 langkah sederhana melakukan Trauma Healing dalam hidup ini dengan mudah.

Pertama, Sadari bahwa Manusia itu Adalah Ciptaan TUHAN yang terbaik

Saya menyadari hal ini ketika mengikuti seleksi dan training di Paskibra (Pasukan Pengibar Bendera) upacara 17 Agustus di tingkat Provinsi Jawa Timur, ada sebuah sesi renungan malam yang kalimat dari mentor saat ini terasa menampar saya “kalian adalah ciptaan TUHAN, kalian adalah makhluk paling mulia dari semua ciptaan TUHAN maka tidak ada alasan untuk minder” . Kalimat ini membuat saya menangis waktu itu, menangis karena menyadari kekeliruan saya yang minder dan tidak berani maju didepan umum. Seharusnya anda juga sama seperti saya, berhenti minder mulai sekarang juga

Kedua, Sugestilah diri Anda dengan “Kesadaran” di Langkah Pertama tadi

Setiap saya mau bicara didepan kelas, maka saya katakan dulu ke diri saya “saya itu adalah ciptaan Tuhan, saya adalah makhluk paling mulia dari semua ciptaan Tuhan”, setiap muncul bayangan saat TK tadi maka langsung saya katakan hal tersebut tadi untuk membuat bayangan waktu TK itu perlahan hilang. Anda harus sering berkata-kata atau berbicara kepada diri anda. Bicaralah dengan kalimat-kalimat yang positif, kalimat yang baik, dan kalimat yang menyenangkan.

Ketiga, Tertawalah ketika mengingat bayangan Trauma Anda

Bayangan trauma kita adalah peristiwa yang sudah lewat, sudah berlalu. Maka seharusnya ketika muncul bayangan kejadian yang membuat trauma, kita tersenyum bahwa tertawa. Karena memang kejadian itu lucu. Sama ketika saya sekarang mengingat peristiwa ngompol dikelas ketika TK dulu, yang ada justru tertawa. Saya lucu ketika mengingat peristiwa itu, karena memang peristiwa itu lucu. Nah ketika kita tertawa maka emosi yang muncul adalah emosi yang positif, sehingga yang namanya trauma bisa hilang dengan sendirinya.

Trauma healing sebenarnya adalah teknik untuk mengendalikan pikiran, karena yang namanya trauma itu sumbernya dari isi pikiran kita sendiri. Jika sudah memahami cara kerja pikiran dengan benar maka pasti bisa melakukan healing-healing sendiri dengan mudah.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.