Bawah sadar, Inspirasi, motivasi

3 Cara Mengendalikan Emosi Negatif didalam Diri dengan Mudah

Sebagian besar manusia sering mengeluhkan susah dalam mengendalikan emosi negatif didalam diri, coba saja lihat di media sosial, di status whatsapp, banyak sekali orang mengeluh yang tidak nyaman. Mengeluh sakit, mengeluh ditinggal kekasih, mengeluh ditipu orang, mengeluh bisnis yang sepi dan banyak keluhan lainnya.

Mengeluh adalah bukti dari emosi yang negatif didalam diri. Mengeluh adalah respon ketika melihat sebuah peristiwa dengan “kacamata” yang negatif, melihat peristiwa dengan sudut pandang yang negatif. Padahal kalau mengeluh dan mengeluarkan emosi negatif maka yang ada justru membuat situasi semakin buruk, tetapi kenapa masih saja banyak orang mengeluh dan memunculkan emosi negatif? Apa karena mereka tidak tahu ya.

Emosi negatif, apakah itu? Saya mau ulas dari kata “EMOSI”, kata ini berasal dari bahasa asing yaitu e-motion, energy motion, jika diartikan adalah gerakan energi. Emosi bisa saya definisikan sebagai gerakan energi didalam tubuh, ketika gerakan energi tersebut dipicu dengan pikiran yang negatif maka jadilah emosi negatif. Sebaliknya, jika emosi itu dipicu dengan pikiran yang positif maka jadilah emosi positif. Kalau begitu semua orang itu memiliki emosi, PASTI, kalau tidak ada emosi maka dia MATI.

Yang menjadi persoalan adalah, apakah emosi itu dipicu dari pikiran negatif ataukah dipicu dari pikiran yang positif? Kalau emosi positif maka pasti menghasilkan kejadian yang positif juga, sedangkan emosi yang negatif maka menghasilkan kejadian negatif. Pilih mana?

Sesungguhnya kitalah yang memiliki hak untuk memilih apakah memunculkan emosi negatif atau positif

Bagaimana mengendalikan emosi negatif didalam diri dengan mudah? Maka saya jawab “ubahlah pikiran kita”, dengan mengubah pikiran dari negatif menjadi positif maka pasti emosi pun berubah. Ada pengalaman saya, ketika berjalan di pinggir jalan yang banyak tukang ojek online mangkal tiba-tiba tangan kanan saya terkena rokok dari salah satu mereka. Orang yang merasa mengenai saya itu langsung minta maaf “mas, maaf..maaf…”. Karena dia sudah minta maaf maka saya tentu membalas dengan memberi maaf “iya mas, gpp, santai”. Tapi emosi yang muncul spontan adalah negatif, tapi saya ubah saja “pasti sebentar lagi dapat transferan”. Dan benar, tidak sampai 5menit ada transferan uang masuk ke rekening saya. Coba kalau saya meneruskan emosi negatif tadi, pasti lain ceritanya

Baca juga ini : Masihkah pantas anda marah ketika memahami ini?

Saya berikan tips 3 Cara mengendalikan emosi negatif didalam diri dengan mudah.

Pertama, Sadari bahwa semua kejadian itu Netral

Pada dasarnya tidak ada kejadian yang baik atau jelek, kenapa? karena semua kejadian yang kita alami sehari-hari adalah hasil dari pikiran kita sendiri. Hasil dari tarikan kita sendiri, lalu kenapa harus mengeluh? Kesadaran tentang hal ini yang harus anda ingat, sehingga setiap kejadian itu harusnya biasa saja dan disambut dengan bersyukur. Dan itulah menjadi emosi positif.

Kedua, Sadari bahwa Tuhan itu Maha Baik

Anda sering menyebut nama Tuhan, mungkin dalam sehari bisa lebih dari 10x menyebut nama Tuhan. Tapi kenapa masih sering mengeluh, kenapa masih sering memunculkan emosi negatif? Kemana kata “Tuhan” yang anda sebutkan berkali-kali itu. Hanya menjai hiasan bibir saja? tanpa anda mengenal siapa itu Tuhan. Sadarilah bahwa Tuhan itu MAHA BAIK, sehingga mustahil memberikan kejelekan kepada kita. Berhenti mengatakan bahwa “ini ujian Tuhan”, “ini cobaan Tuhan”. Salah besar, Tuhan itu Maha Baik.

Ketiga, Cari 1001 Alasan untuk berpikir yang Positif

Lihatlah semuanya dengan Positif, cari alasan untuk berpikir yang enak dan menyenangkan. Galilah di pikiran anda 1001 alasan untuk berpikir yang positif. Contoh sederhana seperti peristiwa ketika tangan saya tadi terkena rokok, kalau saya berpikir yang negatif maka munculnya emosi negatif malah bisa marah-marah dengan tukang ojol tadi. Tapi saya memilih untuk menggantinya dengan pikiran yang positif dengan berpikir “pasti sebentar lagi dapat transferan”. Dan terjadi.

Baca juga : Mengendalikan Emosi Positif

Mudah sebenarnya untuk mengendalikan emosi negatif dalam diri, karena memang diri kitalah yang memiliki hak untuk itu. Anda hanya perlu membiasakannya dalam kehidupan.

2 tanggapan untuk “3 Cara Mengendalikan Emosi Negatif didalam Diri dengan Mudah”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.