Inspirasi, Spiritual

Apa Makna Penting dibalik Kalimat “Basmalah”?

Cuacanya lagi gerimis diluar kantor, entah kenapa jadi pengen nulis artikel tentang kalimat “basmalah”. Kalimat basmalah itu dikenal orang dengan “bismillahirrahmanirrahim”, kalau diartikan adalah Dengan Menyebut Nama Allah yang Maha Pengasih dan Penyayang.

Dalam artikel kali ini saya ingin membahas makna penting dibalik kalimat Basmalah jika dihubungkan dengan Ilmu Pikiran AMC. Selama ini banyak muslim sangat kenal dengan kalimat basmalah. Bahkan setiap hari selalu membaca kalimat basmalah ini. Pertanyaannya adalah, sudahkah memahami makna penting dari kalimat basmalah ini. Ataukah hanya sampai di mulut saja yang mengucapkan? Padahal kalau di ajaran Islam, setiap kegiatan harus diawali dengan membaca kalimat basmalah, mau makan ya baca basmalah, mau berjalan ya baca basmalah dan berbagai kegiatan lainnya.

Artinya setiap kegiatan dalam kehidupan sehari-hari harus dimulai dengan membaca “bismillahirrahmanirrahim” atau kalimat basmalah. Setiap saya membaca kalimat basmalah ini, jujur mata saya sering keluar air mata, bukan karena sedih tapi karena begitu terharu bahwa memang ALLAH itu MAHA PENGASIH DAN PENYAYANG. Bahkan kalau dalam shalat sering terhenti lama begitu membaca basmalah ini. Makna Dengan Menyebut Nama Allah yang Maha Pengasih dan Penyayang itu begitu mengena di pikiran saya, kenapa? Karena dalam ilmu AMC memang terbukti bahwa ALLAH itu Maha Pengasih dan Penyayang, ALLAH sudah memberikan kita Pikiran yang begitu luar biasa dan cara menggunakannya mudah.

mengenal-tuhan

 

Dengan memahami Pikiran secara benar maka disitulah kita merasakan betul makna penting dari kalimat basmalah, dengan memahami Pikiran dan menggunakannya sehingga begitu mudahnya mendapatkan apa yang diinginkan, begitu mudahnya mengatur kejadian demi kejadian, begitu mudahnya memunculkan kebahagiaan, begitu mudahnya menikmati kehidupan. Dan ternyata semua kejadian dalam hidup manusia itu sesuai dengan keinginan manusia itu sendiri, inilah bukti betapa ALLAH itu Maha Pengasih dan Penyayang. Artinya Allah itu tidak pernah memberika kejelekan, tidak pernah memberikan keburukan kepada kita. Karena semua kejelekan dan keburukan dalam hidup manusia adalah hasil dari Pikiran manusia itu sendiri.

وَما أَصابَكُمْ مِنْ مُصِيبَةٍ فَبِما كَسَبَتْ أَيْدِيكُمْ وَيَعْفُوا عَنْ كَثِيرٍ

“Dan segala musibah yang menimpa kalian adalah disebabkan oleh perbuatan kalian. Dan Allah memaafkan banyak (dari kesalahan kalian)” (QS. Asy-Syuuraa: 30).

Ayat tersebut kalau kita baca dengan pikiran yang jernih maka pasti memunculkan keharuan dalam diri, begitu baiknya ALLAH, begitu pengasih dan penyayangnya kepada kita. Sangat jelas bahwa semua musibah adalah hasil dari keinginan kita sendiri. Sehingga jika ingin mengubah musibah maka kuncinya mengubah pikiran kita sendiri. Ketika pikiran berubah menadi baik maka pasti kehidupan menjadi baik.

Kalau kita berpikir atau berprasangka buruk kepada ALLAH maka itu suatu kesalahan besar, jangan sedikit-sedikit mengatakan bahwa “ini ujian ALLAH”, atau “ini cobaan ALLAH”, atau “ALLAH sedang menghukum”. Karena ALLAH itu Maha Pengasih dan Penyayang.

Dengan mengucapkan kalimat basmalah maka seharusnya kita selalu berpikir yang positif, selalu berpikir yang baik dan menyenangkan saja kepada ALLAH, begitu juga kepada semua kejadian harus selalu berpikiran yang indah-indah saja. Dengan mengucapkan kalimat basmalah harusnya tidak ada lagi kata “mengeluh”, tidak ada lagi kata “sebel” atau kecewa terhadap apapun, karena semua kejadian itu pasti bernilai kebaikan dan penuh kasih saya ALLAH kepada kita. Maka bacalah kalimat basmalah itu dengan penuh makna, dengan penuh penghyatan sehingga kita betul-betul sadar atas kasih sayang ALLAH didalam hidup kita.

…Dan Dia (pula) yang menjadikan malam dan siang silih berganti bagi orang yang ingin mengambil pelajaran (berpikir) atau orang yang ingin bersyukur….(QS.Al Furqan 62)

Satu tanggapan untuk “Apa Makna Penting dibalik Kalimat “Basmalah”?”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.