Inspirasi, motivasi

Kerjakan Tips Ini Agar Kondisi Keuangan Anda Lebih Baik di 2020

Tahun 2020 sudah kita masuki dan hari ini adalah senin pertama di tahun 2020, apa yang sudah anda rencanakan untuk membuat kondisi keuangan anda lebih baik dari tahun sebelumnya. Kondisi keuangan yang lebih baik adalah keinginan semua orang, tidak ada satu orang pun yang ingin kondisi keuangannya jelek di tahun 2020 ini.

Tapi kenyataannya banyak orang bingung bagaimana membuat kondisi keuangannya menjadi lebih baik baik dari sebelumnya. Kebanyakan orang melakukan pergantian bisnis atau bahkan berganti tempat bekerja untuk membuat kondisi keuangannya lebih baik, boleh saja melakukan hal tersebut tapi sesungguhnya yang penting untuk mebuat kondisi keuangan lebih baik bukan berganti bisnis atau berganti tempat bekerja, lalu apa?

Pergantian tahun bukan sekedar menjadi ritual pergantian kalender saja tetapi juga harus pergantian kondisi keuangan, pada artikel ini saya ingin berbagi 6 tips mudah untuk membuat kondisi keuangan anda lebih baik di tahun 2020. Tips ini saya tujukan untuk anda yang memang ingin melakukan perubahan di kondisi keuangan menjadi lebih baik, karena banyak orang merasa sudah aman dan nyaman dengan kondisi saat ini.

Baca juga ini : Tahun baru Tidak harus Bisnis baru, tapi Lakukan ini

Padahal bisa saja melakukan lompatan besar dalam hidup untuk meningkatkan kondisi keuangan menjadi juga lebih baik lagi. Dan itu dibutuhkan melakukan perubahan rencana hidup dalam Pikiran anda. Mari kita mulai 6 langkah ini.

Pertama, Hitung ulang Penghasilan Anda di Tahun 2019

Mumpung masih awal tahun tentu anda masih bisa mengingat perjalanan keuangan anda di tahun 2019, berapa saldo di awal tahun 2019 dan berapa saldo di akhir tahun 2020, kemudian barang apa saja yang anda bisa miliki di tahun 2019 kemarin.

Apa pengeluaran anda terbesar di tahun 2019 kemarin dan digunakan untuk apa saja. Anda coba ingat-ingat untuk semua keuangan anda tersebut. Saya sering menyebut cara ini sebagai audit diri, jadi yang diaudit itu bukan hanya keuangan perusahaan tapi juga perlu mengaudit keuangan diri dulu.

Kedua, Review dan Ubah kebiasaan Anda tentang Uang

Kebiasaan anda dalam mengelola uang di tahun 2019 menentukan kondisi keuangan anda, kalau anda melakukan kebiasaan yang membuat pengeluaran lebih besar dari penghasilan maka itu berdampak kepada kondisi keuangan yang jelek.

Sebenarnya rumusnya adalah Penghasilan harus lebih besar dari pengeluaran, kalau selama 2019 anda melakukan kebiasaan kebiasaan yang membuat pengeluaran lebih besar dari penghasilan maka semua kebiasaan itu harus anda ganti di tahun 2020 ini. Gantilah dengan kebiasaan yang membuat penghasilan anda lebih besar.

Ketiga, Tentukan Tujuan Keuangan Anda

Mengelola keuangan harus memiliki tujuan, di tahun 2020 ini tentukan tujuan keuangan anda. Apa yang ingin anda capai di tahun 2020 ini.

Anda harus memiliki tujuan yang jelas, sehingga pikiran anda menarik sumber-sumber penghasilan dari jalan yang tidak disangka-sangka. Tidak perlu takut untuk membuat keinginan yang besar, karena membuat keinginan itu bebas-bebas saja. Maka sekarang tentukan keinginan anda.

Keempat, Berpikirlah dengan Serba Mungkin

Seringkali banyak orang itu berpikir dengan tidak mungkin, terlalu banyak ketidakmungkinan yang membatasi logika di pikirannya.

Padahal kalau anda mau mengubah pikiran anda menjadi serba mungkin maka semuanya pasti menjadi mungkin dan nyata. Di tahun 2020 saatnya anda berpikir serba mungkin, buang semua batasa dalam pikiran anda karena Tuhan itu Maha Baik dan Pasti mengabulkan semua keinginan kita.

Kelima, Upgrade Ilmu Anda

Investasi yang paling berharga adalah mengalokasikan keuangan anda untuk mempelajari sebuah ilmu, karena dengan memiliki ilmu maka anda bisa melakukan banyak hal. Ilmu apa saja yang penting mendukung produktivitas anda di tahun 2020 ini.

Jangan merasa anda sudah kuliah lalu tidak perlu belajar lagi, karena ilmu yang dikuliah itu berbeda dengan ilmu untuk menjalani kehidupan. Seperti ilmu AMC yang tidak ada diajarkan di bangku kuliah, sementara AMC TERBUKTI sebagai satu-satunya ilmu untuk mengenali, mengontrol dan memaksimalkan Pikiran.

Keenam, Komitmen dengan Perubahan

Hal yang keenam itu menjadi sangat penting, karena setelah memutuskan untuk berubah maka perlu komitmen untuk melakukan perubahan tersebut.

Mendapat ilmu baru maka harus komitmen untuk menerapkan ilmu baru tersebut. Kalau komitmen itu tidak dilakukan maka perubahan itu menjadi sia-sia saja. Alasan kenapa resolusi di tahun baru hanya sekedar resolusi, karena tidak adanya komitmen.

Jadi, apakah anda siap untuk meningkatkan kondisi keuangan di tahun 2020? atau mau tetap saja? keputusannya di tangan anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.