Inspirasi, motivasi

Waspadalah, 3 Hal ini Yang membuat Hidup Seseorang itu Selalu dalam Kemiskinan

Seseorang yang hidupnya selalu dalam kemiskinan itu bukanlah takdir Tuhan, bukan garis tangan, bukan juga ujian dari Tuhan. Ada hal tertentu yang membuat hidup seseorang selalu dalam kemiskinan, dan hal itu harus kita waspadai bersama. Ada sebagian orang yang suka menyalahkan Tuhan ketika hidupnya selalu dalam kemiskinan, menyalahkan takdir dan menganggapnya sebagai ujian. Tentu kita sudah sering mendengar berbagai ceramah di lingkungan agama yang mengatakan seperti itu.

Padahal bukan seperti itu, Tuhan tidak pernah menginginkan kemiskinan bagi manusia, Tuhan tidak pernah menginginkan kesusahan bagi manusia, tidak pula menginginkan ketidaknyamanan dalam hidup manusia. Lantas apa yang membuat seorang manusia hidupnya selalu dalam kemiskinan?

Kemarin ada pertanyaan yang masuk ke nomor saya melalui whatsapp, “mas firman, saya bingung bagaimana membuat hidup saya lebih baik, karena saya miskin dari orang tuaku”.  Saya kaget membacanya, karena mas ini menganggap bahwa yang membuat miskin adalah orang tuanya, ketika saya balas bahwa bukan orang tuanya yang salah, malah dia menjawab “lalu salah siapa mas?”

Sebuah pemahaman yang berbahaya sekali jika menganggap bahwa kemiskinan itu hasil dari orang tuanya, jadi ingat seperti di sinetron-sinetron ya, ada seorang anak yang membentak orang tuanya ketika tidak diberi uang untuk jajan lantas memaki orang tuanya karena miskin “astaghfirullah”. Mungkin saat ini banyak anak yang seperti itu, menyalahkan orang tuanya ketika hidupnya miskin. Padahal hal ini kesalahan besar, ketika orang tua sudah mampu membesarkan kita sejak kecil sampai dewasa maka artinya itu orang tua sudah memberikan banyak hal buat kita, sudah berkorban banyak hal untuk kita. Ketidakmampuan orang tua untuk memberikan kekayaan seharusnya tidak perlu kita permasalahkan.

Baca juga ini : 5 Kebiasaan yang Membuatmu Kaya dan Lebih Kaya

Karena sesungguhnya ada 3 hal utama yang membuat seseorang itu hidupnya selalu dalam kemiskinan, apa saja 3 hal itu. Perhatikan 3 hal ini ya supaya hidup anda tidak terus menerus dalam kemiskinan.

Pertama, Tontonan Anda

Hal pertama yang harus diwaspadai adalah tontonan anda, apa yang anda lihat di televisi, di bioskop dan di youtube itu menjadi sumber dari kemiskinan yang terjadi dalam hidup anda. Tanpa disadari banyak informasi, film dan sinetron yang membuat seseorang itu menjadi miskin.

Yang jelas berita tentang kemiskinan, film tentang kesusahan dan acara-acara yang menggambarkan kesedihan. Oh ya ada lagi, acara misteri hantu-hantu itu juga memberikan dampak negatif terhadap hidup anda. Tapi celakanya, banyak masyarakat Indonesia justru menyukai tontonan seperti itu. Coba deh, kalau sinetron yang cerita tentang kemiskinan, kesusahan pasti langsung menjadi hits dan disukai oleh banyak orang Indonesia, bahkan menontonya bisa sambil nangis, iya kan?

Kedua, Sumber Bacaan Anda

Membaca itu bagus dapat membuka cakrawala anda, membuka pikiran anda dan membuat anda tahu apa yang terjadi dibelahan negara lainnya. Itu kalau yang dibaca isinya positif, menyenangkan dan membahagiakan. Tapi kalau yang dibaca itu berisi informasi yang negatif, susah dan sedih maka yang berpengaruh kepada hidup anda adalah justru kebalikannya.

Sehingga diperlukan kecerdasan untuk memilih sumber bacaan yang memang berisi hal positif dan mengkayakan. Tidak semua buku yang memiliki judul bagus dan tampilan cover bagus itu membawa dampak positif bagi pembacanya, malah banyak yang isinya hanya TERLIHAT bagus saja. Waspadalah

Ketiga, Pergaulan Anda

Kalau anda berasal dari keluarga yang tidak mampu maka sebaiknya anda jangan bergaul dengan teman-teman yang kondisinya juga sama, maka sebaiknya anda pergi ke tempat lain yang berbeda, anda hijrah dari lingkungan yang tidak nyaman itu menuju ke lingkungan baru yang lebih nyaman dan mendukung kesuksesan anda. Ganti pergaulan anda, ganti teman-teman anda.

Carilah zona baru yang memang berisi orang-orang yang berpikiran kaya dan maju, karena pergaulan seseorang itu menentukan kualitas pikirannya dan kualitas pikiran berbanding lurus dengan kehidupan manusia itu sendiri.

Waspadalah terhadap 3 hal diatas ya, karena jika anda salah dalam memilih tontonan, salah memilih sumber bacaan dan salah memilih pergaulan maka itulah yang membuat manusia selalu dalam kemiskinan.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.