Inspirasi, Spiritual

Rasa Mindermu “Pasti” Hilang jika Memahami Hal Penting Ini

Apakah kamu punya rasa minder? bahasa lainnya adalah tidak pe-de, atau tidak percaya diri sehingga membuat hidup kamu menjadi tidak nyaman.

Apa sih minder itu? minder itu sebenarnya adalah salah satu jenis “rasa” yang muncul akibat kesalahan dalam pola pikir seseorang. Kesalahan pola pikir itu adalah ketika anda menganggap diri anda sendiri lebih rendah daripada orang lain, biasanya anggapan rendah ini muncul dari sebuah kekurangan. Bisa kekurangan secara fisik, misalnya tubuh anda ada yang bermasalah, wajah berjerawat, tidak tinggi dan sejenisnya.

Tapi bisa juga karena masalah pendidikan, masalah kekayaan, masalah baju yang digunakan, masalah status sosial dan berbagai masalah lain yang membuat seseorang menganggap dirinya tidak seperti orang lain.

Rasa minder yang berlebihan ini membawa dampak buruk dalam kehidupan seseorang, saya pernah mengalami situasi seperti itu dulu saat masih sekolah SD-SMP. Saya minder karena sejak SD mengalami situasi yang namanya gagap bicara, meskipun dari kelas 1 SD sampai SMP waktu itu selalu juara kelas, tapi ya itu merasa tidak pede saja ketika harus bergaul dengan banyak teman, merasa minder ketika harus bicara.

Rasa minder itu membuat seseorang membatasi dirinya sendiri terhadap sekitar, sehingga menurut saya rasa minder ini sangat berbahaya. Bahkan di sebagian banyak orang ternyata ada rasa minder dirinya untuk menjadi kaya dan sukses, tidak percaya? Saya heran, kok ada yang minder menjadi kaya dan sukses. Karena tidak percaya diri bahwa dirinya bisa sukses dan kaya.

Boleh saya katakan bahwa rasa minder ini adalah penyakit pikiran atau penyakit mental no.1 yang membuat seseorang itu susah untuk kaya dan sukses.

Bagaimana mau sukses dan kaya kalau anda menganggap diri anda penuh kekurangan, menganggap diri tidak baik, menganggap diri lebih rendah dibandingkan dengan orang lain, mau bertemu orang lain tidak pede, takut.

Tentu akibatnya anda tidak bisa menikmati hidup ini dengan maksimal. Rugi besar kalau kita sebagai manusia selalu diselimuti dengan rasa minder, padahal Tuhan yang Maha Baik mengingkan kita hidup penuh percaya diri.

Coba perhatikan tubuh kita sebagai manusia, jauh lebih sempurna dari ciptaan Tuhan lainnya seperti tumbuhan dan hewan. Artinya Tuhan memang menciptakan manusia itu lebih baik dari hewan dan tumbuhan. Ada ayat Alquran yang berisi sebagi berikut : “Sungguh, Kami telah Menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya” (At-Tin 4). Bahkan Tuhan sendiri sudah mengatakan bahwa kita manusia adalah bentuk yang sebaik-baiknya, lalu kenapa kita sendiri yang menganggap bahwa kita tidak baik?

Baca ini juga : Ini caranya untuk memperbesar Percaya diri kamu

Renungkan dengan sebaik-baiknya, bahwa sesungguhnya anggapanmu sendiri atau persepsimu sendiri yang membuat kamu menjadi tidak percaya diri, membuat muncul rasa minder alias rendah diri. Yang namanya manusia itu adalah makhluk yang pintar, makhluk yang hebat bahkan ada ayat lain dalam Alquran yang menyatakan

“Dia Menciptakan langit dan bumi dengan (tujuan) yang benar, Dia Membentuk rupamu lalu Memperbagus rupamu, dan kepada-Nya tempat kembali.” (At-Taghobun 3)

meningkatkan-percaya-diri

Tidak pantas kita memiliki rasa minder atau rendah diri kepada orang lain, karena kita diciptakan Tuhan sebagai makhluk yang sempurna dan istimewa. Jadi, mulai sekarang buang ya rasa mindermu itu, masukkan saja ke tempat sampah atau dibakar saja rasa mindermu itu, karena kalau kamu masih ada rasa minder dalam pikiran kamu maka itu artinya kamu tidak bersyukur dan berterima kasih kepada Tuhan yang sudah menciptakan kita sebagai manusia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.