Inspirasi, motivasi

Hindari 2 Sikap ini Supaya Hidup Anda Bebas dari Masalah

Hidup kita itu bisa bebas dari masalah jika paham bagaimana cara mengelola pikiran dengan benar. Banyak orang disekitar kita sering mengeluh dengan berbagai masalah yang hadir di hidup mereka. Mungkin anda salah satunya? Jika ingin hidup bebas dari masalah maka yang harus dipahami adalah apa penyebab hadirnya masalah dalam hidup kita.

Kalau sudah tahu apa penyebab masalah barulah bisa kita hindari sehingga hidup menjadi bebas masalah. Dalam artikel kali ini saya ingin memberikan penjelasan singkat mengenai penyebab dari hidup yang selalu penuh dengan masalah, untuk menjawab beberapa pertanyaan yang masuk ke akun whatsapp saya “bagaimana hidup bebas dari masalah?”

Saya menulis artikel ini disela-sela kegiatan hari ini di ristekdikti jawa timur, menjadi panitia pelatihan pengelolaan jurnal ilmiah. Meskipun banyak kegiatan tapi alhamdulillah semua kegiatan yang saya jalankan bisa maksimal menghasilkan output yang baik juga. Sebagian dari anda mungkin berpikir, apa kalau banyak kegiatan itu bukannya malah menambah masalah. Kalau anda berpikir seperti itu maka ya begitulah hasilnya. Tapi kalau berpikirnya banyak kegiatan berarti banyak penghasilan maka ya seperti itu juga hasilnya. Anda mau pilih berpikir yang mana? Semua kembali kepada cara berpikir anda. Karena memang hidup manusia sepenuhnya akibat dari program di pikirannya sendiri. Termasuk masalah yang hadir dalam hidup manusia, masalah hadir bukan sebagai bentuk ujian Tuhan tapi hasil dari keinginan anda sendiri.

“kok bisa masalah karena saya sendiri, sedangkan saya tidak meminta masalah” pasti hal ini menjadi pertanyaan bagi sebagian anda yang membaca artikel ini. Karena pemahaman yang diterima selama ini yang namanya masalah itu adalah bentuk ujian dari Tuhan. Seringkali Tuhan yang terus disalahkan atas kejadian pada diri manusia. Padahal sesungguhnya keliru besar, sebab Tuhan itu Maha Sayang, Maha Pengasih dan Maha Baik sehingga mustahil memberikan masalah atau memberikan situasi yang tidak nyaman bagi manusia. Lalu bagaimana cara membuat hidup kita itu bebas dari masalah? Perhatikan 2 sikap berikut ini yang PERLU anda hindari supaya hidup bebas dari masalah.

Sikap Pertama yang Perlu Dihindari adalah Sibuk Mengeluh. 

Coba perhatikan kejadian dihidup anda. Kalau anda selalu mengeluh dengan setiap kejadian yang dianggap negatif maka pasti justru kejadian itu malah bertambah buruk, betul? Misalnya, ketika anda jalan lalu tiba-tiba kaki anda terjatuh. Ketika anda mengeluh maka yang ada justru malah tambah sakit dan membuat tekanan darah anda naik. Yang jatuh dan tersandung kaki, tapi yang sakit malah kepala ya. Berbeda halnya kalau anda tidak mengeluh dan berganti dengan ucapan positif misalnya “Jatuh ini adalah kebaikan buatku”. Pasti peristiwa jatuh tadi mendatangkan kebaikan dan tidak menjadi masalah. Asik kan.

Sikap Kedua yang Perlu Dihindari adalah Curhat Masalah Kepada Orang Lain

Sering kali banyak orang itu merasa lega ketika melakukan curhat kepada teman, saudara atau kepada orang lain. Padahal justru ketika anda sibuk curhat alias mengumbar atau menceritakan masalah anda kepada orang lain biasanya orang lain itu tidak memberi solusi dan hanya prihatin serta empati saja. Anda mungkin lega, tapi masalah itu justru semakin besar. Coba deh ingat-ingat, masalah yang anda curhatin kepada orang lain. Karena sesungguhnya yang bisa menemukan solusi dari masalah kita adalah diri kita sendiri. Bukan orang lain bahkan termasuk para konselor, terapis dan psikolog.

 

Ingin hidup anda bebas dari masalah, maka segera hindari 2 sikap diatas itu ya. Karena wajib anda sadari bahwa masalah dalam hidup itu hadir karena diri anda sendiri yang membuatnya.

2 tanggapan untuk “Hindari 2 Sikap ini Supaya Hidup Anda Bebas dari Masalah”

  1. Makasih pencerahannya , iya baru nyadar kalo sebenernya g boleh curhat ke org lain, malah narik masalah y…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.