Inspirasi

Bakat itu (bukan) kunci Kesuksesan Seseorang, Lalu apa?

Bakat itu apa sih?, saya sendiri tidak pernah memikirkan kata yang satu ini. Karena menurut saya memang tidak penting apa itu makna bakat. Karena bakat itu bukan kunci kesuksesan. Buat saya, arti bakat adalah kumpulan 5 huruf B-A-K-A-T.

kunci-hidup-sukses-ada-di-pikiran

Jadi ya tidak penting, bagaimana menurut anda? Kalau anda menganggap penting maka pasti anda sudah terpengaruh oleh para praktisi tes bakat yang memang banyak ada di masyarakat kita. Lupakan tes bakat itu, karena justru membatasi pikiran anda, bahkan kalau melakukan tes bakat kepada anak dapat membatasi kehidupan anak anda. Saya di artikel kali ini menulis tentang bakat, karena tadi saat dikampus bertemu dengan mahasiswa-mahasiswa yang melakukan perwalian dengan saya sebagai dosen walinya, kami ngobrolin tentang bakat.

Ada satu mahasiswa yang dia cerita, bahwa kalau mengikuti arahan hasil tes bakatnya dulu waktu sma maka dia tidak cocok untuk masuk jurusan teknik informatika, tapi mahasiswa satu ini ngotot pengen kuliah di jurusan teknik informatika. Dan hasilnya selama 4 semester nilai IPK nya selalu diatas 3,5. Dia juga merasa enjoy menikmati materi-materi kuliah di teknik informatika. “Jadi sepertinya nilai tes bakatmu dulu tertukar ya” kata saya sambil becanda ke dia. Lalu si mahasiswa ini menjawab lagi “ngga pak, dulu itu langsung keluar hasilnya”. Saya sampaikan ke mahasiswa lainnya tadi, ada 14 mahasiswa,

“bakat itu tidak menentukan kesuksesan seseorang, jadi tidak perlu kamu ingat-ingat lagi hasil tes bakatmu dulu yang mengatakan kamu tidak cocok di jurusan A lah, tidak cocok di jurusan B lah. Kalian sudah masuk kuliah di jurusan ini maka maksimalkan belajarmu, sungguh-sungguh. Pasti kamu menikmati hasilnya”

Banyak orang tua sibuk mengikutkan anaknya berbagai tes bakat, tes bakat model A, tes bakat model B, tes bakat untuk penjurusan dan sebagainya. Padahal sesungguhnya bakat itu bukan kunci kesuksesan manusia, bahkan di iklan rokok menuliskan jika bakat itu omong kosong.

Tulisan diatas ini bukan tulisan saya ya, tapi slogan dari salah satu iklan rokok yang biasanya tiap jam 10 malam ada di televisi nasional. Jadi kalau anda ada yang sedikit baper dengan artikel saya ini maka protesnya ke iklan rokok itu juga ya hehe. Memang faktanya, seperti yang terjadi dimahasiswa saya tadi, bakat itu tidak ada dan hanya batasan yang dibuat oleh para praktisi tes bakat saja. Padahal sesungguhnya manusia itu bebas untuk memilih jurusan, bebas untuk melakukan berbagai profesi tanpa terbelenggu dengan dirinya punya bakat atau tidak. Karena bakat itu bukan diberi, tapi bakat itu diciptakan. Saya tunjukkan video lengkap dari iklan rokok itu tentang bakat ya. Tonton dibawah ini :

Kesuksesan seseorang di suatu bidang tidak ditentukan oleh bakatnya, tapi dari kesungguhan dia untuk menekuni bidang itu. Kalau anda menganggap diri tidak berbakat di bidang A maka selamanya anda tidak akan bisa menjalani kesuksesan di bidang A. Tapi kalau anda MAU membuang anggapan bahwa diri anda tidak berbakat, maka pasti anda mudah menjalani bidang A itu dengan sukses. Simak penjelasan di video saya ini

Kembali kepada pikiranmu, sejauh mana pikiranmu sungguh-sungguh untuk sukses. Karena sesungguhnya siapa yang bersungguh-sungguh maka itulah yang mendapatkan hasil. Tidak usah memikirkan bakat-bakatan, apalagi untuk anak. Karena bagaimana kehidupan anak-anak kita itu sesungguhnya dari program-program yang masuk ke pikiran anak kita itu. Jika program pikirannya memang mau sukses maka ada dibidang apapun sudah pasti sukses. Sadari ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.