Ingin Hidup Selalu Bahagia ? Coba Biasakan 5 Hal Ini Dalam Kehidupan Anda

kunci-kebahagiaan-manusiaSebuah kebahagiaan, merupakan impian semua orang, saya dan juga anda. Dalam pikiran anda pasti selalu mencari cara bagaimana hidup bahagia, bagaimana mendapatkan kebahagiaan. Bahkan dalam agama juga diajarkan bahwa kita harus mendapatkan kebahagiaan di dunia dan akhirat. Ada cara-cara mudah supaya hidup seseorang itu selalu bahagia, bahagia dimanapun dan kapanpun. Seringkali saat break makan siang di kelas AMC, bisanya nih ibu-ibu, “sepanjang kelas tadi, saya lihat mas firman itu murah senyum, bahagia terus, gimana sih mas caranya?’. Saya menjawabnya, “ya bahagia itu kan dari pikiran kita bu, kita sendiri yang membuat kebahagiaan itu”. Yup, kunci kebahagiaan bermula dari Pikiran kita sendiri.

Saya mencoba memberikan tips berupa 5 Hal yang perlu anda biasakan supaya hidup selalu dalam bahagia. 5 Hal ini mungkin anda anggap aneh, karena itu saya meminta anda untuk membiasakannya. Ketika sudah terbiasa maka pasti dimanapun dan kapanpun anda selalu bahagia.

Pertama, Bersyukur ketika Bangun Tidur.

cara-bahagia-sejak-bangun-tidur

Perjalanan sebuah hari dimulai saat ketika bangun tidur dan mata kita mulai terbuka setelah tidur semalaman. Dan tahukah anda bahwa semua kejadian yang nanti bakal terjadi dalam hari itu, sesungguhnya bermula dari saat kita membuka mata. Kalau anda membuka mata lalu yang ada adalah perasaan malas, perasaan marah dan perasaan jelek lainnya maka pasti seharian itu hidup anda selalu dipenuhi dengan hal yang jelek dan negatif saja. Nah, supaya seharian itu hidup anda penuh bahagia maka mulailah dengan bersyukur sejak anda membuka mata. Jadi, lagu anak-anak itu perlu diubah ya, bukan “bangun tidur ku terus mandi”, tapi “bangun tidur ku bersyukur dulu”.

Kedua, Bernafaslah dengan Penuh Kesenangan.

Semua orang yang masih hidup, pasti bernafas. Saya bernafas, anda juga bernafas. Tapi banyak orang hanya membiarkan begitu saja aktivitas bernafas itu, padahal melalui aktivitas nafas itu bisa membuat kebahagiaan. Coba anda bernafas dengan sadar, caranya luangkan waktu sejenak untuk duduk lalu tariklah nafas panjang, tahan sejenak kemudian baru dihembuskan. Sambil bernafas dengan sadar seperti itu, pikirkanlah hal-hal yang membuat anda senang. Bernafaslah dengan penuh kesenangan maka pasti membuat hidup selalu bahagia.

Ketiga, Tersenyumlah Ketika Bertemu Orang Lain.

cara-bahagia-bertemu-orangTersenyum, mungkin dianggap remeh oleh sebagian orang. Padahal dengan tersenyum membuat anda menjadi bahagia, sebab dalam pikiran anda sudah tersimpan memori bahwa dengan melakukan gerakan senyum akan merileksasikan otak anda secara perlahan. Siapapun orangnya yang anda temui, baik itu dikantor, dijalan, dipasar atau di mall, ketika orang itu berhadapan dengan anda  maka mulailah dengan senyuman. Bahkan kalau anda bertemu orang dikantor yang anda anggap jahat dan judes, cobalah tetap tersenyum.

Keempat, Lihatlah Keindahan Alam.

cara-bahagia-di-alamKetika keluar rumah, lihatlah hijaunya daun pepohonan, cantiknya bunga-bunga, birunya langit. Itu semua bisa anda lihat disekitar kita kan, tidak harus anda pergi ke puncak atau ke tempat wisata yang jauh. Diluar rumah anda, pasti anda pohon, pasti anda rerumputan, lalu diatas anda juga pasti anda langit. Perhatikan keindahan ciptaan Tuhan itu. Banyak orang biasanya tidak sempat mengarahkan pikirannya untuk melihat hal-hal yang indah itu, begitu keluar rumah langsung yang dipikirkan adalah pekerjaan yang menumpuk, padahal ada langit, ada burung-burung, ada kupu-kupu yang penuh keindahan. Dengan melihat keindahan alam maka yang ada tentu kebahagiaan.

Kelima, Berpikirlah yang Menyenangkan Saja.

sumber-bahagiaKebahagiaan kita itu bersumber dari Pikiran kita, anda harus menyadari ini. Bukan sebuah tempat, bukan juga seseorang tapi sumber kebahagiaan adalah Pikiran kita. Jika ingin selalu bahagia, maka berpikirlah yang baik-baik saja, berpikirlah yang menyenangkan saja. Ubahlah pikiran anda dari berpikir yang ruwet, dari berpikir yang susah menjadi berpikir yang menyenangkan saja. Dalam kelas AMC sering saya katakan, “kalau berpikir susah bisa, kenapa berpikir yang enak tidak bisa, bukanlah lebih nyaman berpikir yang enak-enak dan menyenangkan saja”

Kebahagiaan dalam hidup seseorang bukankah sebuah mimpi yang sulit tercapai, kebahagiaan dalam hidup ini sesungguhnya adalah hal yang sangat mudah untuk kita semua bisa dapatkan. Kebahagiaan bukan dicari, tapi kebahagiaan itu hadir karena kita yang menciptakan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: