Bingung Mencari Cara Untuk Hidup Bahagia ? Inilah Caranya Hidup Selalu Bahagia

sumber-bahagia“mas firman, tujuan hidup saya ingin bahagia tetapi saya bingung mencari cara untuk bahagia, sudah banyak buku, banyak kelas saya ikuti, tapi saya malah bingung dengan hidup saya. Kenapa dari dulu saya tidak pernah bahagia, sejak orang tua saya meninggal kecelakaan hidup saya selalu sedih, menikah juga tidak buat saya bahagia. Saya harus gimana mas supaya hidup ini bahagia lagi seperti dulu saat orang tua saya ada” sebuah pertanyaan yang masuk ke email saya dengan tujuan untuk dimuat di majalah kekuatan sugesti. Tapi saya mau bahas di blog dulu deh sebelum masuk ke rubrik curhat pikiran di majalah kekuatan sugesti.

Bahagia dan kebahagiaan, sesuatu hal yang pasti diinginkan oleh setiap orang didunia ini, termasuk anda kan? Tetapi, banyak orang justru mengeluh karena hidupnya tidak bahagia, banyak orang sering mengatakan bahwa “hidup saya tidak bahagia”, “hidup saya susah”, sama seperti pertanyaan yang masuk ke email saya tadi. Bahagia itu menurut kamus besar bahasa indonesia memiliki makna sebagai berikut :

bahagia/ba·ha·gia/ 1 n keadaan atau perasaan senang dan tenteram (bebas dari segala yang menyusahkan): — dunia akhirat; hidup penuh –; 2 aberuntung; berbahagia: saya betul-betul merasa — karena dapat berada kembali di tengah-tengah keluarga;berbahagia/ber·ba·ha·gia/ a 1 dalam keadaan bahagia; bahagia; 2 v menikmati kebahagiaan; bahagia;
membahagiakan/mem·ba·ha·gi·a·kan/ v 1 menjadikan (membuat) bahagia: ia berusaha keras – keluarganya; 2 mendatangkan rasa bahagia: kehadirannya sangat – keluarganya;
kebahagiaan/ke·ba·ha·gi·a·an/ n kesenangan dan ketenteraman hidup (lahir batin); keberuntungan; kemujuran yang bersifat lahir batin: kehadiran bayi itu mendatangkan – dalam rumah tangganya; saling pengertian antara suami dan istri akan membawa – dalam rumah tangganya

kunci-bahagia

Dari arti menurut kamus besar bahasa indonesia dapat disimpulkan bahwa Bahagia itu adalah sebuah “perasaan”, kalau perasaan maka hadirnya didalam diri bukanlah dicari, tapi dibuat alias diciptakan. Lho terus, kalau selama ini mencari bahagia, apa yang dicari? Mencari kemana bahagianya? Mencari ke sebuah tempat atau mencari ke seseorang? Ketika kita memberi syarat bahwa bahagia itu kalau sedang di tempat A, atau sedang bersama orang A maka ketika orang A sudah tidak ada tentu bahagia itu hilang, begitu juga ketika sudah tidak ditempat A maka otomatis bahagia itu juga hilang.

Baca : Sibuk Mencari Kebahagiaan ? Berhentilah Sahabat

Bahagia itu hadir bukanlah karena syarat tempat atau syarat seseorang, juga bukan karena syarat waktu. Lantas apa syaratnya? Tentu itu yang anda tanyakan. Bahagia itu hanya membutuhkan “berpikir bahagia”. Yup, bahagia itu sumbernya dari dalam diri kita, dari Pikiran kita sendiri. Kalau anda sibuk mencari cara bahagia di luar diri maka tentu tidak akan menemukan kebahagiaan yang sejati. Sama seperti pertanyaan email tadi, dia merasa bahagia saat orang tuanya ada, nah inilah “syarat” yang harus diubah. Diubah bahwa kalau ingin bahagia itu tidak butuh orang lain, tidak butuh tempat diluar diri.

ilmu-hidup-bahagia

Melainkan hanya butuh “berpikir” yang bahagia saja, mudah dan sederhana ya ternyata untuk membuat hidup bahagia itu. Tetapi banyak orang yang salah memahami makna dari bahagia, banyak juga orang yang tidak memahami bagaimana Pikirannya bekerja. Padahal ketika seseorang itu memahami bagaimana pikirannya bekerja maka saya pastikan hidup orang itu selalu bahagia dimanapun dan kapanpun. Hmm, kemarin jumat ada acara “kopdar” alumni AMC di Jakarta dan ada salah satu alumni AMC yang bicara ke saya “wajah-wajahnya teman-teman AMC beda ya mas, seperti selalu bahagia senyum terus, saya juga merasakan seperti itu ketika menerapkan AMC dalam hidup saya mas, bebas beban dan bahagia always”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: