3 Hikmah Utama Yang Ada Dalam Fenomena Gerhana Matahari Total

keajaiban-gerhana-matahariSambil nemenin putri cantik saya yang mulai tidur, karena sore tadi sudah bermain-main dengan saya sambil nemenin mamanya yang sedang ada pelatihan di hotel bisanta bidakara, melihat berita di televisi tentang pesona Gerhana Matahari Total, memang hari rabu besok tanggal 9 maret 2016 di sebagian besar wilayah Indonesia akan dilewati lintasan gerhana matahari total, artinya sebagian besar masyarakat Indonesia bisa melihat bagaimana matahari yang selama ini memancarkan cahaya menjadi sedikit tertutup, bahkan menjadi hitam. Cahayanya menjadi hilang karena tertutup oleh bayangan bulan. Gerhana matahari total memang terjadi karena posisi bumi, bulan dan matahari dalam garis lurus, sehingga cahaya matahari tertutup oleh bayangan bulan. Hikmah apa yang bisa kita ambil dari fenomena ini?

Saya kali ini menggunakan kata “hikmah”, karena banyak pertanyaan ke saya tentang kata “hikmah” ini, salah satunya yang baru masuk ke email saya ini..”mas firman, lalu bagaimana dengan ilmu hikmah yang katanya siapa yang menguasainya bisa menyembuhkan orang, bisa membuatkan jimat, bisa menembus hijab dan berbagai hal yang seolah-olah kesaktian”. Karena ‘syahrini” ingin saya menulis artikel tentang gerhana matahari total maka saya coba uat judul dengan memasukkan kata “hikmah”. Hikmah itu sebenarnya berarti pemahaman, atau bahasa kerennya inspirasi. Saat kita melihat sesuatu benda atau kejadian lalu kita mendapat sebuah pemahaman atau sebuah inspirasi dari benda atau kejadian itu, maka ya itulah yang namanya “hikmah”. Tapi begitu digoreng oleh orang-orang yang “mengaku” pintar, dan “mengaku” spiritual itu maka ilmu hikmah dibuat seolah-olah sesuatu hal yang ekslusif, padahal semua orang juga bisa. hehe..

Apa hikmah dari gerhana matahari total di tahun 2016 ini yang juga melewati sebagian besar wilayah Indonesia. Saya coba ambil 3 hikmah utama yang bisa menjadi pencerahan bagi kita semua dalam menyaksikan peristiwa gerhana matahari total yang besok lusa terjadi dan mungkin jika cuaca cerah maka anda dan saya di surabaya bisa menyaksikannya. Apa saja 3 hikmah itu?

Hikmah yang Pertama, Semua ada Rumusnya, kita lihat bagaimana bumi, bulan dan matahari bergerak sesuai rumusnya. Bagaimana bumi berputar, bagaimana bumi bergerak mengikuti jalurnya, juga bagaimana bulan bergerak sesuai jalurnya. Sehingga tidak pernah bertabrakan, sebab sudah ada jalurnya sendiri. Semua sudah sesuai dengan rumusnya. Kalau anda belajar fisika, dari SMP dan SMA bahkan yang sampai kuliah tentu sudah mengenal apa itu rumus rotasi bumi, adanya siang dan malam, adanya musim yang berganti. Ternyata semua ada rumusnya. Darimana para ahli itu membuat rumusnya, dari mengamati gerakan benda-benda langit itu, bahkan sampai waktu gerhana matahari total pun sudah bisa diprediksi sebelumnya, karena sudah ada rumusnya. Semua yang Tuhan ciptakan ternyata kumpulan dari rumus-rumus, termasuk kehidupan kita. Banyak rumus yang ada dalam hidup kita hanya kita belum menyadarinya. Termasuk rumus bagaimana mengatur hidup sesuai yang diinginkan, semua sudah ada rumusnya. Jika rumusnya dipahami dan dikerjakan ya sudah pasti sesuai. Dengan gerhana matahari total ini, Tuhan ingin menyadarkan kita bahwa semua ada rumusnya.

kesadaran-dalam-hidup

Hikmah yang Kedua, Dalam Gelap ternyata juga ada Ilmu, pada jaman dulu ketika gerhana matahari total, dimana matahari hilang dianggap dimakan oleh naga, kemudian semua makanan disuruh masukkan ke dalam rumah, tidak boleh ada yang bermain, ketika siang menjadi redup, menjadi gelap karena matahari tertutup bayangan bulan maka terjadilah gelap sesaat. Bagi yang berpikirnya bukan ilmiah pasti langsung menghubungkan dengan hal-hal yang aneh, tapi bagi para antariksawan, bagi orang yang haus ilmu pengetahuan maka fenomena gelap ini menjadi hal yang menarik untuk diteliti, menjadi hal yang menarik untuk diriset. Ini terbukti dari amerika, yaitu NASA mengirim empat ilmuwannya untuk meneliti gerhana matahari total rabu besok. Tuhan seakan ingin memberi tahu kita, bahwa yang namanya ilmu itu, yang namanya petunjuk itu bukan hanya saat terang, tapi juga ada saat gelap.

indahnya-gerhana-matahari-2016

Hikmah yang Ketiga, Tuhan Yang Maha Baik, tentu hikmah yang terakhir harus kita menyadari siapa yang mengatur itu semua, siapa yang membuat rumusan-rumusan jalan edar bumi, siapa yang begitu maha pintar membuat rumusan, membuat aturan tentang alam semesta, jika matahari, bumi dan bulan saja bisa saling segaris tanpa ada persinggungan, tanpa ada gesekan. Bahkan fenomena gerhana matahari total menjadi sebuah keindahan alam yang layak diabadikan, karena keindahan ini maka banyak wisatawan yang pergi ke daerah-daerah yang memang mengalami gerhana matahari total dengan sempurna.

kebesaran-tuhan-dalam-gerhana-matahari-2016

Tuhan ingin menyampaikan kepada kita, bahwa “AKU ini MAHA BAIK, AKU ini MAHA SEMPURNA MENGATUR dengan Rumus-Rumus, maka temukanlah Rumus-Rumus itu, dengan selalu mengambil HIKMAH disetiap kejadian, disetiap benda yang kamu temui”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: