Semua Doa Sebenarnya Selalu Dikabulkan Tuhan

imageHari ini hari jumat tentu bagi anda yang beragama Islam,khususnya laki-lakinya, pergi menunaikan shalat jumat. Kalau ada “gaul” maka pasti sering mendengar atau membaca di dp bbm, “yg cakep yg pergi shalat jumat”. Saya tidak akan menulis tentang shalat jumatnya, tapi tentang isi khotbah tadi. Temanya tentang doa, disampaikan bahwa ada doa yang dikabulkan ada yg tidak, bahkan dikatakan lagi hanya sedikit dari manusia yang doanya dikabulkan Tuhan, saya dari dulu selalu heran ketika mengatakan doa tidak dikabulkan. Apa iya tidak dikabulkan? Bukannya berdoanya yang salah, atau yang berdoa tidak menyadari apa yang diminta? Bukannya Tuhan itu Maha Pemberi ya..

Oh ya, sehabis jumatan tadi saya pergi kewarung sebentar untuk membeli minuman ringan, sambil duduk saya dikagetkan dengan seorang pembeli yang bicara dengan nada yang sedikit keras kepada penjaga warungnya “aku tadi mintanya teh, kok malah dapat teh panas gini, hawanya panas gini dikasih teh panas”. Si penjual lalu menjawab “lha sampeyan tadi bilangnya teh aja gak ada es nya”. Dari peristiwa ini saya mendapat ilmu yang luar biasa, yang salah bukan yang memberi tetapi yang meminta. Kalau mintanya teh ya, dapatnya teh saja tetapi malah marah-marah karena tehnya panas hehe.

Sama dengan doa-doa kita, kadang kita takut meminta barang atau mater dalam doa kita, kita lebih suka meminta atau berdoa sesuatu yang abstrak. Sama seperti ketika beberapa hari yang lalu ada seorang bapak peserta privat AMC yang menanyakan bagaimana caranya agar doanya cat terkabul. Lalu saya bertanya lagi, selama ini kalau berdoa apa yg diminta? , dijawablah oleh peserta ini yang diminta adalah keselamatan dan hidup baik di dunia dan diakhirat.

image

Sambil tersenyum saya menjawab ” sekarang sudah selamat lho, sudah baik juga hidupnya, bisa bernafas, bisa melihat, bisa berjalan, itu artinya kan sudah dikabulkan doanya oleh Tuhan”, bapak ini tersenyum sambil berkata “iya juga ya mas, tapi saya maunya kaya”. Apakah ada permintaan kaya dalam kalimat doa tadi? Tidak ada ya..lantas menganggap doanya tidak dikabulkan. “Bapak gak minta bagaimana dikasih” jawab saya ke bapak itu.

Sama seperti orang yang minta teh tadi, tidak ada kata es teh saat meminta, eh begitu dikasih teh panas malah marah-marah. Sering saya bertemu orang dikelas AMC yang merasa doanya tidak dikabulkan, tetapi begitu saya coba telusuri ternyata doanya sudah dikabulkan dan tidak disadari.

image

Kalau kita semua, anda dan saya mau merenung mau duduk sejenak dan menggali semua keinginan-keinginan kita maka sebenarnya Tuhan sudah memberikan apa yang kita minta, saat kita merasa doa tidak dikabulkan itu sebenarnya karena kita tidak menyadari apa yang kita minta. Atau karena anda belum mengetahui rumus kalimat doanya yang ada dikelas AMC sehingga merasa doanya tidak terjadi.

image

Kalau anda maunya es teh ya sudah minta aja es teh, jangan hanya bilang teh, kalau maunya uang maka mintalah uang, kalau maunya mobil ya mintanya mobil. Simpel sebenarnya rumus berdoa yang baik itu, minta saja sesuai yang anda mau, dan percayalah kalau memang Tuhan itu Maha Baik dan Maha Pemberi. Saat kita merasa Tuhan tidak mengabulkan doa, maka sebenarnya kita sedang tidak percaya jika Tuhan itu Maha Memberi.

Jadi sebelum protes, sebelum mengeluh ke Tuhan tentang doa-doa anda maka cobalah merenung kembali, “masuk” ke dalam diri anda, perhatikan kembali doa-doa anda, kalau anda merenung dan mengambil hikmah maka pasti sepakat dengan saya bahwa sebenarnya doa kita itu sudah dan selalu dikabulkan Tuhan.

2 Tanggapan

  1. […] Doa adalah request kita kepada Tuhan, doa adalah bentuk kita menganggap Tuhan itu ada. Sehingga dikatakan bahwa kita ini sombong ke Tuhan jika tidak berdoa, berdoa adalah bentuk meminta, meminta kepada TUHAN. Sama halnya anda meminta kepada teman anda, meminta kepada orang tua anda atau meminta kepada orang lain, maka apa yang anda minta haruslah anda pahami dulu, kalau anda maunya sepeda motor tetapi memintanya baju maka ya dapatnya baju. Bukan salah yang memberi, tetapi salah yang meminta. Jadi sebenarnya semua doa kita itu selalu dikabulkan oleh Tuhan, coba baca artikel saya yang ini. […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: