Lima Langkah yang Wajib Dilakukan untuk Menyambut Pergantian Tahun Baru

resolusi-tahun-baruSudah memasuki di bulan terakhir tahun 2014, waktu terasa cepat ketika diawal 2014 yang lalu saya menulis sebuah keinginan untuk pergi umroh di akhir tahun 2014 ini dengan gratis dan Alhamdulillah terjadi, dan kalau saya melihat kembali catatan-catatan saya di awal tahun ini, semua terjadi dan sudah saya nikmati. Mulai dari rumah, lalu mobil baru, jalan-jalan ke luar negeri, memiliki bisnis network provider, menyebarkan AMC sampai ke eropa,korea, jepang dan arab Saudi. Bagaimana dengan anda? Apakah semua catatan keinginan yang anda buat diawal tahun ini sudah semuanya terjadi? Atau ada yang belum terjadi?. Sambil duduk di sebuah café di salah satu pusat perbelanjaan di Surabaya, saya mengajak diskusi dengan para “malaikat” yang setia mendampingi saya tentang semua kejadian di tahun 2014 ini, mereka semua hanya bisa tersenyum sambil berkata, “Alhamdulillah bos, semua puji memang hanya untuk DIA dzat penguasa alam semesta”

Banyak orang ketika pergantian tahun seperti ini sedang dalam proses dikejar target karena memang di bulan desember perusahaan melakukan tutup buku, sehinga dalam melakukan pencapaian target biasanya dilakukan dengan diskon besar-besaran sampai 70%, atau istilahnya melakukan “SALE”. Ya memang dengan memberikan diskon yang besar mampu menarik minat para konsumen untuk melakukan pembelian, terbukti dihadapan saya ada salah satu department store yang memasang banner “END YEAR SALE, up to 80%”. Ini memang menarik, bahkan tadi saya sempat membeli T-SHIRT merk ternama yang ada gambar kudanya hehe dengan diskon 70%, dari yang harganya 700ribu menjadi hanya 200ribuan, lumayan kan. Ini cara jenius membeli produk bermerk, yaitu belilah di penghujung tahun sebab mereka sedang melakukan cuci gudang.

Berbicara tentang pergantian tahun ada dua sisi yang saya temui dimasyarakat, ada yang sibuk mengejar targetnya tetapi ada juga sebagian orang yang sibuk mencari tempat untuk rekreasi, mencari tempat untuk berlibur, buktinya tiket pesawat penuh dan harganya naik dua kali lipat. Begitu juga dengan hotel langganan saya, ketika saya mau mereservasi kamar hotel untuk AMC Kelas Platinum juga banyak yang penuh.

cara-mencapai-target

Coba deh anda lihat berita di televisi, harga tiket pesawat yang melonjak tetapi semua penuh terpesan bahkan beberapa maskapai menambah jadwal penerbangan dari jadwal biasa. Sebab ketika akhir tahun memang diberbagai tempat wisata ramai dengan berbagai acara yang menakjubkan. Ada juga yang lagi sibuk menjaga gerai denga diskok yang gede-gedean. Apa makna bulan desember sebenarnya? Memenuhi target yang belum tercapai? Atau Saatnya untuk liburan?,

Oops, sebentar..bulan desember bagi orang jawa memiliki makna yang berbeda. Apa itu? Desember diartikan sebagai kepanjangan dari “deres2nya sumber”, artinya dibulan ini pasti musim hujan dan deras, entah siapa yang menghubungkan desember dengan arti seperti itu, tetapi memang faktanya disemua bagian dunia, bulan ini adalah bulan dengan cuaca yang dingin. Bahkan ketika saya di Malaysia juga menikmati hari-hari yang dingin dengan hujan di pagi dan malam hari. Berarti benar dong arti dari “desember” adalah “deres2nya sumber” hehe. Ini arti dari orang-orang jawa, kreatif yang mereka menemukan sebuah makna dari bulan desember.

Bagaimana dengana anda sendiri? Apa makna bulan desember bagi anda? Secara perhitungan umum memang desember adalah bulan terakhir di setiap tahun, sehingga membuat orang melakukan review atau evaluasi terhadap semua aktivitas yang terlah dilakukan di sepanjang tahun ini. Evaluasi adalah melihat secara menyeluruh segala aktivitas yang telah kita lakukan di tahun ini, apa hasil-hasilnya dan apa yang perlu diperbaiki untuk aktivitas di tahun mendatang. Sampai di penghujung tahun bagai sampai disebuah titik untuk melihat apa yang sudah terjadi di tahun ini, apa kebaikan yang sudah dilakukan di tahun ini dan apa saja keinginan-keinginan yang sudah tercapai di tahun ini. Ada lima hal yang wajib kita lakukan kita sudah memasuki bulan Desember ini, bulan penutup buka bisnis kalau istilah di perusahaan. Apa saja lima hal itu, saya akan mengulasnya satu persatu.

menyambut-tahun-baru

Saya berikan lima rahasia itu, entah anda mau mengikutinya atau tidak?itu memang hak anda, karena hidup anda hanya andalah yang bisa merubahnya, bahkan Tuhan pun tidak mau mengubah sebelum anda sendiri mau mengubahnya, benar kan?

Langkah Pertama, Lihat kembali keinginan-keinginan anda di tahun ini. Anda mungkin dulu diawal tahun ini pernah membuat berbagai catatan, atau istilah kerennya “dream book”. Coba anda perhatikan dan anda buat check list, bagian mana yang sudah tercapai sempurna mana yang belum, lakukan dengan membagi menjadi 5 kriteria sebagai berikut ya.
Kriteria pertama,sudah tercapai 100%, kriteria kedua sudah tercapai 75%, kriteria ketiga sudah tercapai 50%, kriteria keempat sudah tercapai 25%, kriteria kelima sudah tercapai 5%. Kenapa saya membaginya menjadi lima kriteria ini, dan saya sebut semuanya sudah tercapai.Jadi sebenarnya tidak ada yang gagal kan, karena memang semua keinginan anda sudah tercapai hanya tingkat persentasenya saja yang berbeda.

Langkah Kedua, Tulislah alasan kenapa ada keinginan yang belum mencapai 100%. Contoh keinginan yang belum 100%, ketika ada seseroang yang ingin membeli mobil dengan harga 200juta, tetapi dia masih memiliki uang untuk DP sebesar 50juta dan dia belum berani melakukan DP, maka ini disebut berhasil dengan pencapaian 75%, kenapa? Sebab uang sudah ada, tetapi niat yang belum kuat, juga belum kuatnya kebutuhan didalam diri sehingga masih takut untuk melakukan pembelian mobil dengan uang muka 50juta.
Anda coba analisa didalam diri, kenapa hal-hal yang lain belum mencapai 100%. Hasil analisa ini penting untuk menjadikan pembelajaran di tahun berikutnya, sebab dengan selalu melakukan analisa diri maka segala langkah ke depan kita pasti jauh lebih mudah, lebih nyaman dan lebih cepat mencapai keberhasilan.

Langkah Ketiga, Rayakan pencapaian yang 100%, kalau di langkah kedua saya mengajak anda fokus ke pencapaian yang belum 100%, maka sekarang cobalah melihat semua pencapaian 100% anda. Misalnya yang ingin memiliki tabungan 50juta dan sekarang sudah lebih dari itu. Atau Pencapaian lainnya yang sudah masuk kategori 100% menurut anda.
Merayakan pencapaian,adalah bentuk apresiasi diri terhadap hasil yang dicapai, bukankah mencapai 100% adalah hasil yang luar biasa. Dan yang perlu anda sadari adalah, hasil 100% itu terjadi karena kerja sama yang solid dan baik antara anda dan diri anda. Kerjasama yang kompak dan usaha yang optimal antara anda dengan sebuah anggota tubuh anda. Karena itu perlu diapresiasi, perlu dirayakan dan perlu diberikan hadiah. Kenapa perlu dirayakan? Agar anda merasakan sebuah nilai dari usaha anda satu tahun ini, agar anda merasakan sebuah kesuksesan sejati. Semua perlu dirayakan, sesuai dengan keinginan anda.

Langkah Keempat, Bersyukurlah kepada Tuhan. Setelah anda merakan pencapaian yang 100% tadi maka langkah berikutnya adalah berterima kasih kepada TUHAN, sebab segala usaha, segala aktivitas, segala kekompakan diri baru terjadi karena atas kehendak TUHAN yang MAHA KUASA. Bersyukurlah, ingatlah TUHAN dalam PERAYAAN pencapaian 100% anda. Ingatlah bahwa TUHAN yang memberikan pencapaian 100%, 75% dan lainnya. Karena itu bersyukurlah dan berterimakasih kepada TUHAN. Sebab rumus SUKSES=AKU+TUHAN. Dengan selalu bersyukur maka disitulah TUHAN Semakin saying kepada kita, dan pencapaian di tahun depan pasti jauh lebih baik, pasti meningkat dan pasti memberikan pencapaian yang jauh lebih hebat dari tahun ini. Itulah kekuatan bersyukur, semakin sering bersyukur maka semakin banyak juga hasil yang kita dapatkan.

Langkah Kelima, Temui orang-orang yang anda sayangi. Kenapa saya menyuruh anda menemui orang-orang yang anda sayangi? Sebab dari merekalah terkirim doa tambahan bagi anda, karena pancaran kasih saying dari mereka maka diri anda menjadi semangat untuk melakukan berbagai usaha dalam mencapai berbagai keinginan yang sudah ada rancang di tahun ini. Orang-orang yang anda sayangi bisa pasangana anda,orang tua anda, anak anda, datangi mereka, ajak mereka merayakan pencapaian-pencapaian dalam tahun ini, Kalau anda mau merenung, peran orang-orang yang anda sayangi sangat besar dalam keberhasilan anda di tahun in, karena merekalah yang mensupport anda dengan berbagai cara sehingga anda memiliki pencapaian 100% yang banyak.

alpha_mind_control

Dalam bulan terakhir di tahun ini, maka cobalah anda melakukan kelima langkah diatas dengan baik dan benar sehingga di tahun depan segala kebaikan, keberhasilan menjadi mudah datang kepada diri anda.
Selamat mengevaluasi segala kejadian dalam diri anda sepanjang tahun ini, lakukan dengan jujur sejujur-jujurnya. Karena kunci utama dalam melakukan perubahan diri adalah berani mengakui kesalahan dalam diri, jadikan akhir tahun ini sebagai sarana untuk mengenali diri lebih dalam,lebih detil sehingga anda bisa lebih memaksimalkan potensi diri anda di tahun depan. Sesuai dengan prinsip 3M dalam metode Alpha Mind Control yaitu Mengenali, Mengntrol dan Memaksimalkan.

Selamat menyambut pergantian tahun dengan penuh kebahagiaan,kemudahan,keberlimpahan dan selalu dalam selimut rahmat Tuhan yang Maha Baik.

:Firman Pratama:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: