5 Sugesti Diri Untuk Menjalani Bulan Ramadhan dengan Penuh Berkah

bulan-suci-ramadhanWaktu berjalan terasa cepat ya, rasanya baru beberapa minggu lewat dari Idul Fitri 1434 H, eh sekarang sudah memasuki bulan Ramadhan lagi di 1435 H. Bulan Ramadhan, adalah sebuah bulan dimana diwajibkan bagi umat Islam di seluruh dunia untuk melakukan ibadah Puasa dan ibadah pendukung lainnya. Dalam bulan ini diberikan sebuah hadiah, diberikan banyak ganjaran, diberikan berlipat ganda kebaikan. Bulan ini sengaja dibuat untuk memberikan kesempatan kepada umat Islam agar sejenak mengurangi aktivitas kehidupan yang sering dilakukan dalam 11 bulan, dan meningkatkan aktivitas ibadah, segala apapun bentuk untuk mendekatkan diri kepada ALLAH, Tuhan Semesta Alam. Dalam 1 bulan, diberikan banyak kebaikan, yang kecil diberikan nilai yang besar. Bahkan dikatakan bahwa Setan-setan dibelenggu rantai, sehingga kalau dalm 1 bulan ini ada manusia yang berbuat jahat ya itulah setan yang tidak kebagian rantai hehe..

Bulan Ramadhan, bulan yang ditunggu oleh semua umat Islam. Saya sempat iseng bertanya ke sepuluh orang rekan2 kerja saya di kantor Telkom Mergoyoso (survey kecil-kecilan), kalau survey yang ilmiah minimal harus 30 orang. Dari sepuluh orang itu, saya bertanya dengan gaya yang santai sambil bercanda, karena saya ingin mereka menjawab dengan spontan, karena jawaban spontan itu adalah jawaban dari hati, alias jawaban dari pikiran bawah sadarnya. Sehingga tidak ada waktu untuk berpikir merangkai kalimat lain melalui logikanya. Cara mudah untuk melihat apakah itu jawaban dari hati atau ngga, adalah lihat spontanitasnya. Ketika menjawabnya dengan cepat dan spontan maka itulah isi dari hatinya, kalau masih menjawab dengan ee..ee…itu artinya sedang merangkai kalimat…:):)

Pertanyaan yang saya ajukan kepada 10 orang rekan saya adalah, “sebentar lagi puasa ya, apa yang kamu rasakan?” Tiga orang menjawab, “seneng lah, namanya juga puasa, bisa ngumpul untuk buka puasa”. Lalu 4 orang yang lainnya menjawab “asik, banyak makanan yang enak2 kalau sore, hehe”. Sisanya yang 3 orang menjawab ” alhamdulillah, masih bisa puasa lagi, bisa mengajari anak untuk puasa dan belajar agama”

amalan-bulan-ramadhan

Itu jawaban spontan ya, ketika saya bertanya disaat lagi ngumpul2, mereka menjawabnya dengan bercanda juga. Walaupun bercanda, tapi saya paham benar kalau jawaban itu adalah dari hatinya hehe..Bagaimana dengan anda? Jika menjawab pertanyaan yang sama dari saya itu. Jawaban spontan yang keluar di hati, itulah jawaban tulus dan sebenarnya. Kalau jawabnnya masih seputar enaknya buka puasa, masih sebatas bisa kumpul-kumpul, masih sebatas untuk mengajari anak, masih sebatas untuk diet malah karena puasa dsb yang terbatas kepada urusan diri sendiri mungkin anda perlu memberikan sugesti lain kepada diri anda, agar puasa Ramadhan kali ini jauh lebih berkah dan bermakna. Karena bulan Ramadhan, benar-benar sangat istimewa bahkan dikatakan nilai satu bulan Ramdhan sama dengan seribu bulan.Subhanallah.

Sugesti pertama,

Katakan kepada diri anda..”Kalau pas bulan ramadhan ini tiba-tiba ALLAH mengambil nyawaku, gimana ya?diriku kita maksimalkan ibadah yuk bulan ini mumpung masih diberi nafas oleh ALLAH, mumpung masih diberik tenaga oleh ALLAH, mumpung masih diberi detak jantung oleh ALLAH. Aku berjanji sebenar2nya, bulan puasa kali ini ibadahku harus meningkat 2 kali lipat dari biasanya, karena pasti nilainya 2000x lipat”

Sugesti kedua,

Katakan kepada diri anda..”Aku menyadari kalau di bulan puasa sebelumnya, aku kurang maksimal, masih kadang sering bersikap yang salah, masih membicarakan orang lain, puasaku belum maksimal, karena itu aq mau memaafkan diriku yang belum maksimal dulu, aq maafkan lahir bathin kamu wahai diriku, dan kita masuki bulan Ramadhan tahun ini dengan penuh niat baik, karena aq sangat tahu bulan ini begitu berlimpah keberkahan.”

Sugesti ketiga,

Katakan kepada diri anda..”Puasa tahun ini, aku hanya ingin dekat dengan ALLAH, aq menyadari di 11 bulan kemarin begitu jauh dengan ALLAH, lebih sibuk untuk mengurusi dunia, bahkan lupa kalau punya ALLAH, hmm..maafkan aku ya RABB, maafkan aku..aku mau dalam Ramadhan tahun ini, benar-benar mendekat kepada-MU, bantu aku ya RABB untuk mendekat kepada-MU, izinkan aku mendekat kepada-MU”

Sugesti keempat,

Katakan kepada diri anda..”aku tidak tahu sampai berapa usiaku,kalau ramadhan tahun ini adalah ramadhan terakhirku, maka bantu aku ya ALLAH, aku sangat bersyukur masih Engkau pertemukan dengan Ramadhanmu tahun ini. Ayo semua bagian dalam diriku, kalian harus menikmati bulan Ramadhan tahun ini, karena ALLAH menjanjikan kesucian seperti bayi kalau kita semua selesai melewati bulan Ramadhan ini dengan penuh ketenangan dan keikhlasan”

Sugesti kelima,

Katakan kepada diri anda..”aku hanya bisa mensugesti diri ini agar merasakan bulan Ramadhan dengan makna sebenarnya, semua kalimat-kalimat tadi aq rangkai untuk memberikan kesenangan, kebahagiaan kepada diriku memasuki bulan Ramadhan, aku sangat senang, aku sangat bersyukur, ketika bulan Ramadhan ini bisa mengisinya dengan segala kebaikan, dengan segala peningkatan ibadah. Aku berjanji demi kebaikanku sendiri”.

selamat-berpuasa

Memasuki bulan Ramadhan, memasuki sebuah keistimewaan yang luar biasa, sama nilainya dengan 1000 bulan. Kita mulai dari diri masing-masing, menyiapkan diri, menyiapkan hati untuk melangkah dengan penuh ikhlas dan penuh ketenangan. Selamat Memasuki Bulan Ramadhan Sahabat semua..ALLAH sudah memberikan fasilitas yang begitu istimewa ini, kita yang memustuskan untuk memanfaatkan sebaik-baiknya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: