Membuat yang TIDAK MASUK AKAL menjadi MASUK AKAL

mengubah-hal-mustahilSaya sering mendapat sms, bahkan mendengar banyak orang yang berkata “itu ngga masuk akal”, “itu mana bisa dicari logikanya”, bahkan ada juga yang mengirim komentar tentang tulisan-tulisan di blog saya ini yang isinya juga seperti itu, “menganggap apa yang saya katakan tidak masuk akal”. Ketika saya sering menuliskan status-status di account facebook saya, tentang kehidupan, tentang pikiran, bahkan saya sering menuliskan bahwa “orang miskin itu jika tetap miskin sebenarnya dia sendiri yang meminta miskin, dan nyaman dengan kemiskinannya”. Nah..banyak orang yang mengatakan, “bahwa tidak mungkin ada orang mau miskin, tidak mungkin ada orang nyaman dengan miskin, itu semua takdir Tuhan, tulisan anda tidak masuk akal”. Saya tidak akan merespon komentar, email dan sms seperti ini, sebab dia sudah mengatakan sendiri bahwa tidak masuk akal, lalu apa yang mau saya jelaskan, kalau akal orang itu dengan akal saya berbeda.

Perhatikan ya, akal saya dengan akal orang itu berbeda, yang berbeda apanya? isinya, atau kalau dalam istilah komputer adalah program-programnya, saat anda mengatakan sesuatu peristiwa itu TIDAK MASUK AKAL, TIDAK NALAR, TIDAK LOGIKA, sebenarnya itu kan menurut anda, sebab anda belum menerima informasi itu yang sebenarnya. Sebagai contoh, tadi pagi saat saya menemani seorang peserta Program Platinum AMC selama 3 hari, seorang pejabat dari wilayah Jambi, programnya sudah berakhir kemarin, tadi pagi saya menemani beliau sarapan di hotel Bisanta sambil menanyakan bagaimana penyerapan materi AMC Platinum ini. Sambil sarapan dan minum kopi , beliau mengatakan

“saya benar PUAS dengan kelas Platinum ini, di usia saya yang 56 tahun ini, saya baru menemukan ilmu yang membuat saya sadar, bahwa hidup ini penuh dengan LOGIKA, kalau kita sudah memahami alur Programnya maka semua menjadi plong,mudah dan lebih dekat kepada ALLAH, disini saya jadi tahu kenapa hidup saya seperti ini sekarang, kenapa saya dilewatkan dengan jalan yang belok dulu, saya sadar semuanya bahwa itu karena Program saya, dan kedepannya saya sudah buat program-program dalam hidup saya, semaleman tadi saya senyum-senyum sendiri sambil membuat flowchart dari kehidupan saya kedepan, kunci SUKSES=AKU+ALLAH sudah saya pegang mas”

apa-yang-tidak-masuk-akal

Bapak ini mengatakan, bahwa hidup ini penuh dengan LOGIKA, artinya bisa ditemukan rumus-rumusnya, kalau rumusnya sudah ditemukan, maka berikutnya adalah memahami dan pasti hasilnya sesuai dengan rumusnya. Kalau anda mengatakan TIDAK LOGIS atau TIDAK NALAR, maka itu karena anda belum menemukan rumusnya, benar kan? Sama halnya anda meceritakan ke orang kampung pedalaman, bahwa sekarang sudah bisa mengirimkan surat dalam waktu 3 detik, bahwa sekarang bisa membaca koran tanpa ada kertas. Pasti mereka mengatakan, “ah..ngga masuk akal”,  nah bahayanya adalah ketika kita mengatakan bahwa sesuatu itu TIDAK MASUK AKAL, maka sebenarnya kita sudah menutup pintu dari diri kita untuk MAU mempelajari hal tersebut, sebab sudah terlebih dulu menolaknya dengan mengatakan bahwa ITU TIDAK MASUK AKAL.

Kata-kata TIDAK MASUK AKAL adalah kata-kata yang membuat seseorang untuk berhenti belajar, kenapa anda tidak mau mengubah cara berpikirnya dari TIDAK MASUK AKAL menjadi GIMANA YA CARANYA, SAYA MAU BELAJAR?, bukankah dengan belajar itu kita sedang memasukkan informasi ke pikiran kita, sehingga jika sudah tahu informasinya, maka PASTI yang keluar dari mulut kita adalah MASUK AKAL.

semua-ada-logika

Jadi jangan terlalu suka mengatakan TIDAK MASUK AKAL, atau TIDAK NALAR, apalagi TIDAK LOGIS, karena itu sama saja mematikan fungsi pikiran anda, seeprti kejadian tadi pagi saat saya mau menemui bapak itu, saya berdoa “ya ALLAH butuh uang nih buat bayar gaji karyawan di wahana sejati dan di Internic” ketika bertemu dengan bapak itu mengobrol tentang pelatihan, nah..tiba-tiba bapak ini menerima telepon, lalu selesai menelepon beliau berkata ke saya “mas firman, di daerah saya butuh 2 point VSAT (very smal aperture terminal) untuk koneksi satelit , bisa dibantu untuk diadakan, anggarannya 35juta” , saya hanya tersenyum lalu menjawabnya, “Ya Pak siap, saya kerjakan” karena memang saya memiliki sebuah perusahaan konsultanTelekomunikasi. Tuhan MAHA BAIK kan, saya meminta kepada ALLAH bahwa saya harus bayar gaji karyawan, maka hari itu juga TUHAN memberikan gaji kepada karyawan saya.

Apakah Peristiwa ini TIDAK NALAR? TIDAK LOGIS? TIDAK MASUK AKAL? Bagi anda mungkin memang seperti itu, tapi bagi saya SANGAT NALAR, SANGAT LOGIS dan SANGAT MASUK AKAL.

2 Tanggapan

  1. Assalamu’alaikum, Pa maaf kapan ada jadwal kelas di Bandung, saya ingin ikut dan kemana daftarnya? Terimakasih Wassalamu’alaikum

    Iman Nugraha Bandung

    Sent from my HTC

Tinggalkan Balasan

