3 Hal Penting dalam Menghadapi KEJADIAN yang dianggap MASALAH

impian-terwujudSebuah peristiwa sebenarnya adalah netral saja, tidak memiliki makna apapun sebelum diri kita memaknainya sesuai dengan keinginan kita, kalau kita memaknainya baik maka menjadi peristiwa yang baik, kalau memaknainya buruk atau jelek maka menjadi peristiwa yang buruk. Mungkin anda bingung dengan statement saya ini, atau mungkin pertanyaan di dalam hati anda, kan peristiwa itu ada yang senang dan tidak senang, kalau memang senang ya sudah senang kalau tidak senang ya memang seperti itu. Itu kan yang muncul di pikiran anda, ya wajar saja kalau anda memiliki pandangan seperti itu, tapi bolehkah saya mencoba memberikan sebuah pandangan lain yang nantinya boleh anda nilai sendiri lagi. Sekarang perhatikan ilustrasi seperti ini, saat pergi ke malaysia untuk mengisi pelatihan AMC disana, tepatnya di kuantan negeri pahang, dari kuala lumpur harus melanjutkan pesawat lagi ke kuantan, tetapi ternyata jadwal pesawat malaysia airlines semua delay termasuk pesawat saya.

Kalau anda menjadi saya, apakah makna dari peristiwa delay itu? pasti anda langsung kesal dan marah, dan perlu saya informasikan, delay yang harusnya pesawat berangkat jam 2 siang menjadi jam 7 sore, anda bayangkan lima jam delaynya, bagaimana perasaan anda?tambah kesal kan. Kalau anda menjadi saya, nah dalam kondisi seperti in, saya selalu mengingat sebuah prinsip dalam database pikiran saya bahwa “tidak ada yang kebetulan, dan semua kejadian sudah didesain Tuhan untuk menaikkan kualitas diri”. Karena saya mengajarkan tentang Manajemen Pikiran, maka saat seperti itu, saya pun menerapkannya, saya sudah memahami bahwa kalau peristiwa kita berikan makna yang negatif pasti semakin negatif, sedangkan kalau diberi makna positif pasti menarik hal-hal yang positif, hukum ini dikenal sebagai LAW of ATTRACTION. Ketika saya memberikan makna positif pada peristiwa delay itu, maka tidak lama kemudian ada seseorang bapak yang menghampiri saya, dan bertanya mau kemana, lalu kita berkenalan sambil bercerita mengenai bisnis masing-masing apa.Dan anda tahu, saya mendapat deal project IT Development, sekaligus men-coach dia dalam hal pikiran bawah sadar. Amazing kan.

Ada tiga langkah penting yang saya lakukan dalam menghadapi peristiwa yang secara orang umum menganggapnya sebagai masalah, yang selalu saya lakukan terhadap peristiwa yang memang pada awalnya saya pun menganggap itu masalah. Wajarlah,karena saya juga seperti anda hanya bedanya saya bisa dengan cepat men-switch memaknai positif.

bersih

Langkah pertama, sadari sepenuhnya bahwa tidak ada sesuatu peristiwa yang kebetulan, tidak ada satupun peristiwa yang terjadi begitu saja tanpa makna, semua sudah diatur dengan proses yang sempurna atas request kita sendiri, atas permintaan hidup kita sendiri. Menyadari adalah langkah awal yang perlu selalu kita lakukan, membangun proses kesadaran bahwa hidup kita sebenarnya terdesain oleh kita sendiri, sehingga jika langkah ini sudah kita lakukan maka kita pasti memilih untuk memaknai setiap peristiwa dengan positif

Langkah kedua, mulailah untuk selalu memilih memikirkan hal-hal yang baik saja, mencari 1001 alasan untuk berperasaan yang baik. Karena dengan berperasaan yang baik maka semua diri, semua kehidupan menjadi baik, coba deh, saya sebutnya positive feeling. Berperasangka positif, langsung ada katakan dalam hati anda, “ada hal positif apa yang terjadi sebentar lagi, kayaknya ini sesuatu yang menguntungkan aku”

Langkah ketiga, buatlah kalimat doa yang selalu bersyukur dan berterima kasih atas semua peristiwa yang terjadi pada hidup kita. Misalnya “Tuhan, terima kasih atas peristiwa ini, saya tahu ini adalah kehendak-Mu dan karena aq juga sangat percaya kalau Engkau Maha Baik, maka segerakan beritahu, tunjukkan kebaikan yang Engkau kirimkan kepadaku melalu peristiwa ini”

Semoga dengan ketiga langkah ini, membuat hidup kita selalu dipenuhi dengan kebaikan-kebaikan, dan apapun peristiwanya selalu bernilai dan bermakna baik, sebab TUHAN itu MAHA BAIK. Benar kan?🙂

Tinggalkan Balasan

