5 Hal yang Perlu dipersiapkan Memasuki Bulan Ramadhan

waktu-ibadahWaktu terus berjalan, terus berputar membawa kita yang muslim kembali ke pintu gerbang bulan penuh rahmat kebaikan yang berlipat, ya sebentar lagi kita memasuki bulan suci Ramadhan, sebuah bulan yang membuat semua orang “mendadak” menjadi baik, kenapa saya katakan mendadak, sebab pada bulan itu memang penuh dengan vibrasi yang baik, yang biasanya marah menjadi mengerem marahnya, yang suka makan menjadi mengerem makannya, yang jarang bersedekah kepada orang menjadi lebih sering bersedekah. Masjid juga mendadak ramai, berjemaah mendadak juga ramai.

Tapi itulah kebaikan bulan Ramadhan, meskipun terlihat mendadak tapi biarlah mereka menjadi lebih baik dalam satu bulan ini. Biarlah dalam satu bulan itu penuh dengan kebaikan dimana-dimana,penuh dengan berbagi sedekah, penuh dengan shalat berjamaah. Karena bulan itu adalah bulan penuh kebahagiaan maka harus disambut dengan rasa bahagia. Maka itu diri kita harus dipersiapkan sebaiknya dalam memasuki bulan penuh “mendadak” itu agar bisa mengambil manfaat sebesar-besarnya…:)

Setidaknya ada lima hal yang harus kita persiapkan untuk memasuki bulan suci Ramadhan agar kita bisa mengambil manfaat sebesar-besarnya, rugi lho jika dalam satu bulan itu kita tidak mendapat apa-apa, karena disaat bulan itu gelombang yang terpancar dan tersebar di sekitar kita adalah gelombang kebaikan, dan Allah menjanjikan berlipat kebaikan dalam satu bulan tersebut, bahkan sampai ada kebaikan yang senilai dengan 1000 bulan.

persiapan-ramadhan

Ada lima hal yang perlu kita persiapkan menjelang bulan suci Ramadhan, agar kita bisa meraih kebaikan dalam hidup agar dapat menikmati sebuah transformasi diri. Saya mulai ya, untuk lima hal itu. Oke..pastikan anda benar-benar mempersiapkan lho ya..

Pertama, persiapkan NIAT, dalam hal ini yang saya maksudkan adalah apa niat anda untuk bulan suci Ramadhan tahun ini, dalam kata lain apa yang akan anda lakukan di bulan Ramadhan, itulah makna NIAT. Bukan hanya bicara dalam hati “saya berniat puasa……(dst)”, tetapi sekarang anda ambil selembar kertas dan bolpoin lalu tuliskan 5 hal yang akan anda lakukan dalam bulan Ramadhan. Tuliskan niat itu dengan jelas ya, misal..”Mau mengkhatamkan Al-Quran sebanyak 2x”, “Mau bersedekah ke panti asuhan sebanyak 1juta”. Oke…sudah paham, ditulis ya..

Kedua, persiapkan ALAT, kenapa saya katakan persiapkan ALAT? dalam hal ini misalnya, kita ingin berjemaah tarawih setiap hari maka kita butuh alat, yaitu baju busana muslim, sajadah, sarung, dan yang perlu lagi kita persiapkan adalah Al-Quran. Karena itu adalah alat, bagaimana kita bisa meniatkan diri untuk mengkhatamkan Al-Quran sementara Alatnya tidak ada. Maka dari itu sekarang cobalah cek lagi alat-alat tersebut, mungkin alat itu selama ini tidak ada sentuh🙂, saatnya anda mulai memeriksanya, jika sudah jelek dan rusak maka anda bisa menggantinya.

Ketiga, persiapkan kesehatan FISIK, fisik yang sehat diperlukan untuk kita menjalankan puasa di bulan suci nanti lho, bagi anda yang tidak terbiasa puasa sunnah maka tentu fisik anda pasti merasa kaget, sebab jam makan akan diubah, yang biasanya sarapan pukul 07-09, selama puasa akan diubah menjadi jam 02-04 pagi, dan makan siang yang biasanya jam 12-2 siang akan dihilangkan dan dipindah ke jam 18.00. Perubahan ini pasti membuat fisik kita kaget. Maka mulailah untuk mempersiapkan fisik dengan mengurangi makan anda sedikit-demi sedikit ya.

Keempat, persiapkan kesehatan PSIKIS, jika fisik sudah sehat maka persiapkan juga psikis anda, jiwa anda, sebab dalam bulan suci Ramadhan, fisik dan psikis akan sama-sama diuji, fisik diuji dengan lapar dan haus, sedangkan psikis akan diuji dengan emosi marah, sakit hati, iri, nafsu. Maka dari itu agar tidak terlalu berat,mulai sekarang latih ya psikis anda agar bisa dikontrol. Psikis ini secara detail saya katakan pikiran bawah sadar, maka latihlah pikiran bawah sadar anda agar benar-benar mensupport anda puasa, cara melatih pikiran bawah sadar yang dengan metode AMC (alpha mind control)🙂

Kelima, persiapkan kecukupan DANA, dalam bulan puasa kita memerlukan dana tambahan, untuk bersedekah lebih, untuk berbagi, untuk berbuka puasa, makan sahur. Sebab sebulan ini, makanan butuh benar-benar bergizi agar fisik kita kuat menjalani ibadah-ibadah dalam bulan Ramadhan, dan justru dengan mempersiapkan dana berlebih kita bisa berbagi kepada sesama, sebab kebaikan dalam bulan Ramadhan berlipat nilainya.

Lima hal diatas, saya rancang untuk memudahkan anda memasuki bulan suci Ramadhan yang sebentar lagi dalam hitungan hari kita nikmati kebaikannya. Dengan anda melakukan persiapan tersebut, maka pastilah Ramadhan kali ini jauh lebih berarti daripada tahun lalu. Akhirnya mari kita sambut bulan Ramadhan dengan penuh persiapan diri agar bisa meraih sebanyak-banyaknya kebaikan. Marhaban ya Ramadhan…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: