2 Kunci untuk Mengubah Mind Set Kita

mengubah-mind-setBanyak orang mengeluh bahwa merasa susah untuk mengubah mindset diri, padahal salah satu syarat untuk menjadi orang yang sukses dan mulia adalah dengan mengubah mindset. Apakah itu mid set ? sebelum mempelajari cara mengubahnya , maka wajib kita kenali dulu apa sebenarnya mind set. Jika kita lihat dari pengertian kata, maka terdiri dari “mind” dan “set”, yaitu mind yang artinya pikiran dan set yang artinya adalah aturan. Maka mind set, adalah aturan-aturan yang ada dalam pikiran kita, aturan-aturan yang kita dapat sejak kita dalam kandungan sampai ke usia saat ini anda membaca tulisan ini. Memang tidak semua aturan yang ada dipikiran kita adalah negatif, untuk mengetahui apaah aturan-aturan yang ada dalam pikiran kita itu negatif atau baik adalah dengan melihat kehidupan kita saat ini.

Jika kehidupan kita saat ini, anda rasa sudah bahagia, sudah bisa menikmati hidup, sudah bisa belajar sesuatu dengan benar, sudah bisa mengontrol diri dengan baik, bahkan sudah sukses bisa membantu orang lain. Maka mind set anda harus disesuaikan untuk tujuan anda. Jika anda ingin menjadi pengusaha, maka mind set anda harus diatur untuk menjadi pengusaha, jika anda ingin menjadi polisi maka mind set anda diatur sebagai polisi, jika ingin menjai orang sukses maka aturlah dengan mind set orang sukses. Saya sering mengilustrasikan di setiap kelas training saya, bahwa mind set bisa sama dengan gelas yang berisis air comberan, dimana setiap manusia pasti memiliki kesalahan dalam hidupnya. Jika kita membiarkan gelas itu berisi air comberan maka hidup kita akan seperti comberan tersebut, penuh dengan kekotoran. Tapi jika anda ingin hidup seperti teh manis, maka caranya adalah buangah dulu gelas berisi air comberan itu lalu isilah dengan teh manis, mudah kan? maka otomatis rasa minuman yang ada digelas itu adalah teh manis.

gelas-kehidupan

Begitu pula jika anda ingin membuat hidup anda seperti kopi, maka isilah dengan kopi gelas tersebut. Siapa yang berhak mengisi gelas tersebut, yang berhak adalah diri anda sendiri sebab andalah yang memiliki gelas tersebut. Bukan orang lain, bukan orang tua anda, bukan guru anda, bukan tokoh agama anda, tetapi secara mutlak gelas itu adalah milik anda, jadi anda yang berhak mengisinya, membuang isinya, lalu mengisi ulang sesuai dengan keinginan anda. Artinya, hidup anda sepenuhnya ditangan anda? bukan di tangan orang lain.

Saya juga sering menyebut mind set sebagai gelas kehidupan, karena apa yang menjadi mind set anda adalah yang akan anda alami dalam hidup. Artinya, apa yang ada dalam gelas kehidupan, itulah yang akan anda minum dan akan anda nikmati dalam kehidupan. Untuk mengubah mind set, maka saya rangkum dalam tulisan ini membutuhkan 2 kunci utama. Apa itu kunci utama nya ? Yang pertama adalah kemauan dari dalam diri anda, seberapa besar keinginan anda untuk membuang isi gelas anda yang dulu dan mengisinya dengan isi yang baru. Jika anda begitu besar keinginan untuk mengubah hidup, saya yakin kemampuan anda untuk mengubah mind set juga jauh lebih besar.

mengisi gelas

Kunci yang kedua,adalah mind set apa yang ingin anda terapkan dalam diri, atau secara ilustrasi isi apa yang ingin anda minum dalam gelas tadi, apakah teh manis, kopi pahit, es jeruk atau es campur? carilah dulu impian anda, carilah dulu model figur seseorang yang anda anggap mencontohkan keinginan anda. Sehingga  jika sudah menemukan apa isi yang akan ada masukkan ke gelas kehidupan, tentu lebih mudah mencari isi tersebut dan memasukkannya ke gelas kehidupan yang sudah anda kosongkan terlebih dulu.

Dengan 2 kunci utama tadi, maka mind set anda menjadi berubah sesuai dengan keinginan anda, karena itu dalam kelas training yang saya lakukan, tidak pernag saya melakukan pemaksaan untuk mengisi mindset anda, melainkan saya melatih anda untuk menemukan mind set apa yang tepat untuk hidup anda, karena hidup kita tergantung kita.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: