Rahasia Besar untuk Mengubah Kualitas Hidup

kualtas-hidupMengubah kualitas hidup merupakan sesuatu hal yang perlu terus dilakukan selama kita hidup karena waktu terus bergerak mulai dari kita dilahirkan sampai tumbuh menjadi dewasa. Ketika masih bayi dan anak-anak, maka secara mutlak kualitas hidup kita ditentukan dari kualitas hidup orang tua kita, benar kan? Jika kita dilahirkan dari keluarga yang berkecukupan maka pasti bisa menikmati kualitas hidup yang cukup juga, namun jika kita dilahirkan dari keluarga yang kurang mampu maka kualitas hidup kita juga menjadi kurang bagus.

Tapi, apakah menjadi sebuah KEPASTIAN jika berasal dari keluarga yang cukup atau kaya akan terus menikmati hidup yang cukup selamanya? Juga, jika kita dari keluarga yang kurang mampu apakah akan terus selalu berada dalam kondisi yang tidak cukup selamanya? Jawabannya tentu TIDAK, sebab apapun didunia ini merupakan sebuah ketidakpastian. Tidak ada satupun dari kita mengetahui apa yang akan terjadi pada hidup ini pada keesokan harinya.

Sebagai contoh, ibu Tri seorang nasabah bank Century pernah datang ke tempat saya karena merasa begitu down begitu mengetahui pada suatu pagi bahwa dana dia di bank Century tidak dapat diambil padahal jumlahnya sebesar 2 Milliar rupiah dan itu adalah semua hartanya yang dia kumpulkan selama hidupnya. Dia merasa bahwa dengan memiliki uang Tabungan sebanyak 2 Milliar rupiah akan menjamin hidupnya, tapi semua yang Dia harapkan hilang dalam waktu sekejap. Luar biasa kesesakan yang dirasakan ibu ini sampai dia jatuh sakit dan ingin bunuh diri, namun itulah kehidupan.

Jika ibu Tri mengalami perubahan menuju ke level bawah, berbeda dengan kawan saya seorang ibu juga yang mengalami perubahan hidup tapi menuju level keatas. Pada suatu pagi sehabis ibu ini memasakkan makanan untuk sarapan kepada anak-anaknya, tiba-tiba mendapat telepon dari sebuah bank dimana dia menabung bahwa dirinya memenangkan hadiah mobil dan siap diantar. Meskipun pada awalnya tidak percaya, tapi setelah hadiah mobil diantar ke rumah dengan diantar oleh karyawan bank resmi tentu itu artinya hadiahnya juga benar.

Perubahan kualitas hidup menjadi sebuah misteri yang tidak diketahui oleh kita dan terkadang terkesan negatif oleh kita sebagai pihak yang menjalankan prosesnya. Tapi apakah benarkah dengan menganggap sebuah proses itu negatif akan membuat proses itu menjadi positif ? Justru yang terjadi adalah sebaliknya, kita akan dipenuhi dengan perasaan yang bersalah, perasaan marah, perasaan benci dan perasaan mulai mengatakan jika Tuhan itu tidak adil, tidak sayang, tidak perhatian dan tidak pernah mau mengabulkan doa-doa kita. Tapi apakah memang iya Tuhan seperti itu?sementara Tuhan sudah melekatkan sebuah sifat sebagai Maha Pengasih dan Penyayang, lalu siapa yang kita katakan tidak adil? Bukankah itu hanya menjadi prasangka kita saja kepada Tuhan?

Sebuah rahasia besar untuk mengubah kualitas hidup adalah dengan melakukan sebuah tindakan Ajaib yaitu BERSYUKUR. Apa makna dari bersyukur? yaitu selalu melakukan prasangka positif atau berbaik sangka kepada Tuhan atas segala sesuatu yang terjadi dalam diri kita. Berprasangka baik kepda Tuhan yang paling mudah dilakukan adalah dengan sering berkata dalam HATI kita, “terima kasih Tuhan”. Setiap kita berprasangka baik atau POSITIF kepada Tuhan atas segala peristiwa yang terjadi dalam diri maka kita akan terus menumbuhkan rasa DAMAI dan TENANG di HATI sehingga dengan dua modal perasaan itu membuat diri kita menemukan apa sebenarnya yang hendak Tuhan berikan kepada diri ini, dan jika kita sudah menemukannya maka PASTILAH Sebuah kualitas hidup yang lebih baik yang Tuhan inginkan. Tuhan lah yang menciptakan diri kita, serta Tuhan juga lah yang berjanji untuk menjaganya agar menjadi bentuk Makhluk yang paling SEMPURNA sebab TUHAN juga lah yang memastikan bahwa DIA menciptakan MANUSIA sebagai makhluk paling sempurna diantara makhluk lainnya.

Maka mulai sekarang, mulailah untuk senantiasa berprasangka POSITIF kepada TUHAN dan Rasakan Perubahan Kualitas Hidup yang menjadi Jauh Lebih baik dari semua aspek kehidupan.

Satu Tanggapan

  1. Terima kasih, artikel yang cukup bermanfaat..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: