Cara memunculkan semangat diri

SEMANGATSemangat menjadi bahan bakar bagi setiap diri manusia, seperti kendaraan yang penuh bahan bakar maka pasti bisa melaju dengan cepat dan tepat. Namun jika bahan bakar itu mulai menipis atau bahkan mau habis, otomatis pengemudi akan mulai berpikir untuk mengisi bahan bakarnya. Entah itu akan melihat dan mencari tempat pengisian bahan bakar atau bisa mencari kios-kios eceran. Jika mengisi di pomba bensin resmi maka sudah terjamin pasti kemurnian bahan bakarnya, berbeda dengan di kios eceran yang terkadang sudah dicampur dengan bahan bakar lain yang pasti akan mengurangi kemurniannya yang tentunya berakibat kerusakan kepada kendaraan.

Eh..kok jadi bahas kendaraan ya…saya hanya membandingkan semangat dengan bahan bakar. Jika semangat diri sedang lemah atau bahkan mulai menipis maka anda perlu mengisinya lagi atau perlu melakukan charging spirit di tempat yang bisa memberikan anda semangat yang murni untuk kembali bergerak maju dalam hidup. Apakah indikator diri seseorang sedang mengalami penipisan semangat, memang hanya orang itu sendiri yang mengetahuinya apakah dirinya sedang mengalami kondisi semangat yang tinggal sedikit atau bahkan kehabisan semangat.

Apa sih sebenarnya semangat itu, yang menjadi bahan bakar kita? Sebenarnya, semangat itu hanyalah sebuah perasaan yang muncul di hati kita, yang bersumber dari pikiran bawah sadar. Perasaan yang bagaimana? Perasaan dimana kita merasa bahagia, senang dan gembira ketika menjalani sesuatu akibatnya sesuatu yang berat dan susah menjadi terselesaikan. Benar kan?

Kalau begitu, semangat dapat kita munculkan sendiri atau kita kontrol karena merupakan perasaan kita sendiri. Semua perasaan terletak di hati, karena di hatilah semua data tentang perasaan tersimpan. Otomatis jika bicara hati maka akan terkoneksi dengan pikiran bawah sadar. Semangat muncul jika kita mengetahui apa yang membuat itu muncul?benar kan?he.he..sederhana sekali kuncinya. Manusia akan melakukan apapun untuk dirinya jika mengetahui secara pasti apa manfaatnya, jika terlihat manfaatnya begitu besar dibandingkan dengan usahanya maka pasti semangat yang muncul. Tapi…jika manfaatnya lebih kecil dibandingkan dengan usaha pasti kita menjadi kurang semangat untuk melakukan hal tersebut.

membuat-semangat-baru

Owh..kalau begitu kita harus pandai mencari suatu hal yang membuat kita mau melakukan sesuatu aktivitas itu. Ya..itulah yang dinamakan keinginan, untuk membuat diri tetap semangat maka kita harus selalu mencari berbagai point di pikiran kita tentang hal-hal yang besar tentang tujuan hidup. Sebab jika kita memikirkan hal-hal yang kecil, otomatis semangat akan menurun, sebab tanpa disadari gambaran yang kecil mempengaruhi ke fisik yang berdampak menjadi malas untuk melakukan aktivitas.

Semangat….harus selalu diberikan terhadap berbagai aktivitas agar merasa nyaman dalam menjalankannya. Seperti, semangat untuk beribadah, semangat untuk bekerja, semangat untuk belajar dan semangat lainnya. Semua itu membutuhkan gambaran besar mengenai apa manfaat dari aktivitas tersebut. Jadi sebelum melakukan aktivitas apapun, misalnya beribadah…anda dapat memikirkan dulu apa manfaat besar dari ibadah anda, pikirkan sebanyak-banyaknya dan sebesar-besarnya. Maka ibadah anda akan terasa begitu nyaman dan tenang.

Dengan mengetahui kunci memunculkan semangat, diharapkan kita dapat senantiasa memiliki semangat untuk melakukan berbagai aktivitas dalam hidup. Jika anda mengalami kesusahan memunculkan semangat diri, itu berarti tandanya anda membutuhkan seorang ahli pikiran untuk mebangkitkan semangat kembali. Dalam kata lain, jika dibandingkan dengan sebuah mobil maka mobil itu rusak karena salah mengisi bahan bakar dan butuh diperbaiki ke bengkel agar dapat berjalan normal kembali.

Semoga bermanfaat,

Satu Tanggapan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: