Manfaat mengendalikan Gelombang Alpha

Pada tulisan sebelumnya saya jelaskan mengenai gelombang otak (brain wave) yang terdiri dari empat kondisi yaitu Beta, Alpha, Theta dan Delta yang merupakan perbedaan state dari pikiran bawah sadar sesuai dengan kebutuhan dari kegiatan pikira bawah sadar.

Anda tahu, bahwa kita bisa mendapat masalah jika kita tidak bisa mengubah gelombang pikiran untuk disesuaikan dengan kebutuhan. Sebagai contoh, jika kita tidak bisa mengubah pada posisi gelombang theta dan delta maka kita akan menjadi orang insomnia karena tidak bisa tidur. Dalam kata lain, orang yang bisa menyesuaikan gelombang pikirannya menjadi sesuai dengan situasi dan kebutuhan.

Saya ilustrasikan, empat gelombang dasar dari brainwave seperti empat gear porsneling pada mobil. Kondisi delta (gelombang terendah) adalah porsneling/gear pertama. Kondisi Theta adalah gear kedua. Kondisi Alpha adalah gear ketiga. Kondisi beta adalah  gear ke empat. Tidak ada satu pun gear yang terbaik untuk setiap kondisi mengemudi dan tidak ada satu kondisi brain wave yang terbaik untuk semua tantangan hidup. Kita seringkali mendapat masalah jika satu dari gear mobil kita rusak, atau jika kita lupa untuk menggunakan beberapa gear. Sebagai contoh jika kita mengendarai mobil dimulai dengan gear pertama lalu kemudian langsung menuju gear ke-empat (melalui gear kedua dan ketiga), kita akan berjalan dengan lambat sehingga mengakibatkan kerusakan fatal pada kendaraan. Hal ini juga berlaku kepada otak kita, banyak orang melampui gear kedua dan ketiga yaitu theta dan alpha, akibatnya otak bekerja dengan tidak benar dan sering mengakibatkan “sakit” pada kepala anda? Benar?

Situasi ini sering terjadi dalam kehidupan kita, sebagai contoh: seseorang sering terbangun tiba-tiba dari tidur sangat dalam (delta) dengan suara alarm. Kemudian mereka menjadi stres dan tidak nyaman (beta) seolah-olah merasa terlambat dan penuh tekanan. Setelah mengalami tidur yang tidak cukup, maka kita melanjutkan dengan ritual minum kopi untuk membuat terjaga (kondisi beta). Kondisi theta dan alpha terlewati, dalam sepanjang hari bekerja dalam kondisi stres, penuh tekanan dan dikejar waktu (beta, beta dan terus kondisi beta) sampai malam hari. Bahkan untuk tidur kita melewati begitu saja alpha dan theta, karena kita tidak melakukan proses relaksasi dulu untuk menurunkan perlahan gelombang otak kita. Banyak orang mungkin juga anda dengan cepat mengubah kondisi otaknya dari Beta ke Delta dan dari Delta ke Beta.

Berada dalam kondisi alpha adalah sebuah keahlian dari otak kita, menjadi sebuah konsekuensi dari gaya hidup modern bahwa kita melupakan untuk berada dalam kondisi theta dan alpha. Akibatnya kita menjadi mudah untuk stres dan tidak nyaman, padahal kondisi stres akan menurunkan sistem kekebalan tubuh anda maka virus pun mudah masuk ke tubuh kita. Seseorang yang sering berada dalam kondisi alpha akan jarang stres, maka sering berada dialpha berarti selalu dalam kondisi nyaman yang berhubungan dengan kuatnya kekebalan tubuh anda dan hal ini sangat baik untuk setiap orang.

Kreativitas adalah aktivitas lain yang dapat terjadi dalam kondisi alpha. Para ilmuwan menemukan bahwa tingkat kreatifitas seseorang bergantung pada perbedaan kondisi gelombang otaknya. Untuk mendapat sebuah ide kreatif maka otakmu perlu berada dalam kondisi alpha, dengan bekerja pada kondisi alpha sangat membantu untuk memunculkan ide-ide yang penuh inspirasi untuk membantu dalam mengatasi masalah apapun juga dalam hidup kita. Banyak orang saat menemui masalah masih bekerja pada kondisi beta, hal inilah yang membuat mereka tidak menemukan solusi dari berbagai masalah kehidupan. Maka dari itu, begitu nikmatnya hidup kita jika senantiasa berada dalam kondisi alpha, berada di alpha akan meningkatkan kreatifitas dan bisa melepas semua stress ujung-ujungnya meningkatkan kesehatan diri.

Karena begitu luar biasanya kondisi Alpha ini maka saya membuat sebuah metode khusus untuk membuat anda senantiasa berada dalam kondisi alpha. Workshop ini dikenal dengan ALPHA MIND CONTROL (AMC). Dalam workshop AMC anda akan diajarkan teknik-teknik untuk senantiasa berada dalam kondisi alpha, sehingga membuat diri anda selalui tenang, menemukan ide, jawaban dari masalah anda dan menjadi lebih dekat dengan Tuhan.

Untuk mengikuti workshop ini silahkan klik disini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: