Network Simulator, sebuah tool dalam mempelajari jaringan

Karena sedang dalam mode engineer maka, saya ingin berbagi tentang sebuah tool untuk melakukan simulasi jaringan, yaitu Network Simulator. Versi yang saya perkenalkan adalah versi 2 untuk diinstal di platform windows XP.

NS pertama kali dibangun sebagai varian dari REAL Networ Simulator pada tahun 1989 di University of California Berkeley. Pada tahun 1995 pembangunan Network Simulator didukung oleh DARPA (Defense Advanced Research Project Agency) melalui proyek VINT (Virtual Internet Testbed), yaitu sebuah tim riset gabungan yang beranggotakan tenaga ahli dari LBNL (Lawrence Berkeley of National Laboratory), Xerox PARC, UCB dan USC/ISI (University of Southern California School of Engineering/ Information Science Institute). Tim gabungan ini membangun sebuah perangkat lunak simulasi jaringan Internet untuk kepentingan riset interaksi antar protokol dalam konteks pengembangan protokol Internet pada saat ini dan masa yang akan datang.

NS-2 ini dibuat lebih mudah untuk LINUX, tetapi dapat juga diinstal di dalam windows XP. Sebelum melakukan instalasi NS-2 ada hal-hal yang harus diperhatikan yaitu :

1. Perhatikan dulu nama dari komputer anda, nama komputer harus tanpa spasi. Jika ada spasi maka harus anda ganti terlebih dulu.
2. Download zip file of ns2.29 (allinone) dari: http://www.isi.edu/nsnam/dist/ns-allinone-2.29.2.tar.gz
3. Download cygwin setup.exe dari http://www.cygwin.com
4. Klik pada “cygwin.exe”.

Ada beberapa keuntungan menggunakan NS sebagai perangkat lunak simulasi pembantu analisis dalam riset atau sewaktu mengerjakan tugas perkuliahan, diantaranya : NS dilengkapi dengan tool validasi.

Tool validasi digunakan untuk menguji validitas pemodelan yang ada pada NS. Secara default, semua pemodelan pada ns akan dapat melewati proses validasi ini. Jika ingin melakukan validasi terhadap pemodelan protocol yang ada pada library ns, dapat dilakukan dengan mengetikkan ./validate pada console saat pada direktori ns2. Pembuatan simulasi dengan menggunakan ns jauh lebih mudah daripada menggunakan software developer seperti Delphi atau c++. Tinggal membuat topologi dan scenario simulasi yang sesuai dengan riset. Pemodelan media, protocol dan netwok komponen lengkap dengan perilaku trafiknya sudah tersedia pada library ns.

Ns bersifat open source di bawah GPL (Gnu Public License), sehingga Ns dapat didownload dan digunakan secara gratis melalui web site http://www.isi.edu/nsnam/dist. Sifat open source juga mengakibatkan pengembangan ns menjadi lebih dinamis.

Network Simulator (NS) mensimulasikan jaringan berbasis TCP/IP dengan berbagai medianya. Dapat mensimulasikan protokol jaringan (TCPs/UDP/RTP), Trafic behaviour (FTP, Telnet, CBR, dan lain-lain), Queque management (RED, FIFO, CBQ) algoritma routing unicast (Distance Vector, Link State) dan multicast, (PIM SM, PIM DM, DVMRP, Shared Tree dan Bi Directional Shared Tree), aplikasi multimedia yang berupa layered video, Quality of service video-audio dan transcoding. Ns juga mengimplementasikan beberapa MAC (IEEE 802.3, 802.11), di berbagai media, misalnya jaringan wired (LAN, WAN, point to point), wireless (seperti mobile IP, Wireless LAN), bahkan simulasi hubungan antar node jaringan yang menggunakan media satelit.

Versi Windows

Cygwin diharapkan dapat dijalankan pada semua versi Windows versi 32bit kecuali Windows CE.  Ini mencakup Windows 95/98/ME/NT/2000/XP/2003 dan WOW64 32 bit yang berbasis Windows versi 64 bit. Sampai saat ini tidak ada yang membangun Cygwin versi natif 64 bit. Karena Cygwin merupakan proyek perangkat lunak bebas yang didukung oleh komunitas, patch untuk versi yang lain selalu dipertimbangkan dengan baik. Cygwin dapat digunakan untuk keperluan komersial dan tentunya dibutuhkan biaya untuk itu. Biaya yang dikeluarkan tersebut digunakan untuk membeli layanan yang dapat meningkatkan performa Cygwin.  Dukungan komersial tersebut dapat diperoleh melalui RedHat. Untuk mengetahui bagaimana mendapatkan layanan tersebut silakan lihat di http://cygwin.com/license.html

Langkah lengkap untuk menginstall tool ini dapat anda pelajari pada file berikut :

menginstal_ns

Saya sudah mencoba langkah-langkah dalam tutorial itu dan sukses, NS-2 sudah bisa running di laptop saya yang berbasis windows XP. Semoga tulisan ini membantu buat rekan-rekan yang bergelut dengan jaringan. Karena selain sebagai trainer dan hipnterapis saya juga praktisi telekomunikasi sehingga masih terkait dengan tool NS-2 ini.

Selamat mencoba dan sama-sama belajar

Firman Pratama, ST, CHt, CNLP

4 Tanggapan

  1. tolong pake gambar, teman….

  2. permisi pak, saya mahasiswa semester akhir sdg mengerjakan tugas akhir menggunakan ns2 utk membandingkan protokol routing aodv dan dsdv di wireless sensor network. apa bpk bersedia lihat script saya utk dianalisa errornya ada dmn. krn saya ada masalah dlm menambahkan jumlah node. terima kasih sebelumnya🙂

  3. langkah pertama untuk memulai simulasi di linux gimana ya pak? saya bingung.

  4. Pak saya mahasiswa semester akhir…apa bisa VSAT(very small aperture terminal)bisa disimulasikan dengan ns2…jika bisa apakah bapak berkenan mengajari saya tentang modul untuk mensimulasikan VSAT di NS2…terimakasih sebelumnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: