5 Keistimewaan Bulan Ramadhan

Sudah memasuki separuh perjalanan dari bulan ramadhan ini, bagaimana puasa rekan-rekan sekalian? Untuk menambah semangat dalam mengisi separuh sisa ramadhan ke depan. Mari kita lihat 5 keistimewaan bulan ramadhan yang penuh barokah ini:

bulan_ramadhan

aqlquran1. Bulan Al-Quran, dalam bulan ramadhan diturunkan permulaan Al-Quran, seperti dalam Firman Allah SWT: “(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan ramadhan, bulan yang didalamnya diturunkan (permulaan) AlQuran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil)” (Al-Quran ,Al Baqarah,2:185)

2. Diutusnya Nabi Muhammad sebagai rasul Allah, Muhammad diutus Allah menjadi Rasul melalui atau dengan jalan diturunkannya wahyu yang pertama pada bulan Ramadhan

lailatul_qadar3. Terjadinya Lailatul Qadar, Firman Allah SWT: “Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (AlQuran) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaa itu?Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatir segala urusan.Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai fajar. (AlQuran,AlQadr,97:1-5)

4. Dilipatgandakan Pahala Wajib dan Sunnah, “..barangsiapa yang mendekatkan diri kepada Allah dengan suatu pekerjaan kebajikan didalamnya, samalah dia dengan orang yang menunaikan shalat fardhu dibulan yang lain. Dan barangsiapa yang menunaikan suatu fardhu didalamnya, samalah dia dengan orang yang mengerjakan tujuh puluh fardhu di bulan yang lain. Ramadhan itu adalah bulan sabar, sedangkan sabar itu pahalanya adalah surga” (HR.Ibnu Khumairah)

5. Bulan syafaat, berkah dan Ijabah, Rasulullah SAW bersabda “Wahai manusia sesungguhnya kamu akan dinaungi oleh bulan yang senantiasa besar lagi penuh keberkahan, yaitu bulan yang didalamnya ada bulan yang Allah telah menjadikan puasanya suatu kewajiban (fardhu) dan qiyam (berdiri shalat malam) dimalam harinya sebagai suatu thathawwu. Barangsiapa yang mendekatkan diri kepada Allah dengan suatu pekerjaan kebajikan didalamnya, samalah dia dengan orang yang menunaikan suatu fardhu di bulan yang lain. Dan barangsiapa yang menunaikan suatu fardhu didalamnya, samalah dia dengan orang yang mengerjakan tujuh puluh fardhu di bulan yang lain. Ramadhan itu adalah bulan sabar, sedangkan sabar itu pahalanya surga” (HR.Ibnu Khuraimah)

Bahkan menurut sejarah, bulan ramadhan itu bulan yang dipenuhi dengan kemenangan-kemenangan besar yang diperoleh rasululah dan para sahabat. Sesuai dengan keistimewaan-keistimewaan yang merupakan ciri dan bulan Ramadhan serta rangkaian ibadah yang mesti dilakukan didalamnya.

Bulan Ramadhan memiliki banyak nama, yaitu “Syayyidusy Syuhur” (ratu segala bulan), juga disebut Syahrul Quran (bulan diturunkannya AlQuran), ada yang menyebutnya Syahrush Siam (bulan puasa), Syahrun Najah (bulan keselamatan dari azab api neraka), Syahrul Jud (bulan kemurahan), Syahrut Tilawah (bulan untuk membaca dan menekuni AlQuran), Syahrush Shobri (bulan sabar), Syahrur Rahmat (bulan yang dilimpahi rahmat), bahkan disebut Syahrullah (bulannya Allah).

Dengan mengetahui keistimewaan dan nama-nama lain bulan Ramadhan, membuat kita menjadi lebih semangat dalam menjalani sisa separuh Ramadhan ini.

Semoga bermanfaat,

Firman Pratama

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: