Pentingnya “Sarapan” Pagi

Meskipun menulisnya malam hari, tapi saya tiba-tiba teringat tentang sarapan pagi. Ya benar..sarapan pagi..bagi sebagian orang, hal ini menjadi susah untuk dilaksanakan. Karena terburu-buru untuk pergi ke tempat kerja atau ke sekolah.

Sebenarnya makan pagi banyak manfaatnya, mungkin bisa dibaca alasan pentingnya sarapan atau makan pagi itu di tulisan berikut ini.

Sebelum mengetahui manfaat, atau akibat tidak makan pagi/sarapan, mungkin kita perlu mengetahui apa itu makan pagi atau sarapan? Makan pagi atau sarapan merupakan makanan yang dimakan ketika pagi hari sebelum kita beraktifitas, makanan itu terdiri dari makanan pokok serta lauk pauk atau bisa juga makanan kudapan. Jumlah dari makanan yang dimakan ketika sarapan/makan pagi adalah sekitar kurang lebih 1/3 dari makanan sehari.

Manfaat yang kita dapat ketika kita rutin makan pagi atau sarapan adalah;
– Membantu untuk mencukupizat gizi.
– Dapat memelihara ketahanan tubuh, agar kita dapat beraktifitas atau belajar atau bekerja dengan baik.
– Membantu memusatkan pikiranuntuk belajar dan memudahkan penyerapan pelajaran.

Sedangkan akibat jika kita tidak rutin makan pagi, adalah;
– Jika untuk anak sekolah akan malas dan tidak dapat berpikir dengan baik.
– Badan akan terasa lemah, hal itu disebabkan kekurangan zat gizi yang diperlukan untuk tenaga.
– Untuk orang dewasa, performance kerja akan menurun.
– Tidakdapat melakukan aktifitas atau kegiatan atau pekerjaan di pagi hari dengan baik.

Apalagi buat rekan-rekan yang sekolahnya pagi hari……Karena dengan sarapan, tubuh kita mendapatkan glukosa yang bisa menaikkan kadar gula dalam darah dan punya dua manfaat.

Pertama, mensuplai tenaga ke semua jaringan otot.

Kedua, bikin otak kita tokcer dan badan jadi kuat. Kalau kita suka lemas atau sulit konsen di sekolah, coba ingat-ingat…tadi sarapan nggak?

Bahkan hasil survey dari The American Dietetic Association menyatakan bahwa di antara tiga kali waktu makan, sarapanlah yang paling penting. Kenapa? Karena kalau diibaratkan, sarapan itu seperti “isi bensin” setelah perut kita kosong selama 8-10 jam. Makanan ini diperlukan buat mengaktifkan daya kerja tubuh kita. Jadi lebih semangat dan nggak gampang capek.

Normalnya, saat sarapan tubuh membutuhkan 25% dari jumlah kalori sehari. Let’s say kebutuhan kalori kita 1.800 Kal per hari, berarti sarapan kita harus mengandung 400-500 Kal. Contoh: Nasi dengan telur, sayur, dan satu apel. Hindari sarapan all-carbs (semua karbohidrat), ya.

Menurut penelitian Dr. Ronald Kleinman dari Harvard Medical School menjelaskan, siswa yang sarapan biasanya lebih berprestasi di sekolah, kreatif dan aktif di kelas, serta jarang bolos. Berbanding terbalik dengan yang nggak suka sarapan.
Dan satu hal yang unik dari sarapan, yaitu buat yang pingin kurus, sarapan bisa jadi obat mujarab. Karena, dengan makan pagi, perut kita akan terasa penuh lebih lama. Hal ini bisa menghindarkan kita dari keinginan buat ngemil.

Penjelasan diatas adalah sarapan fisik untuk tubuh dan otak, lalu bagaimana dengan sarapan untuk hati dan pikiran kita?

Ingat, manusia memiliki otak dan pikiran, tentunya harus diperlakukan berbeda pula dengan nutris yang berbeda. Sarapan untuk pikiran kita bisa dilakukan ketika kita selesai sarapan fisik. Coba dengan langkah-langkah berikut :

1. Syukuri dengan sempurna makanan sarapan kita, katakan rasa syukur kepada Tuhan dengan sepenuh hati.

2. Tarik napas panjang, hirup udara pagi yang masih segar. Katakan dalam hati…”Seiring udara sejuk yang masuk, maka aku menarik semua energi positif dari alam semesta”

3. Sambil bayangkan energi positif masuk ke diri kita, rasakan kesegarannya sampai ke sel-sel tubuh kita.

4. Bayangkan semua aktivitas yang akan kita lakukan sehari ini, bayangkan semuanya berjalan lancar dan sesuai keinginan kita

5. Kemudian lakukan senam jari untuk merangsang konsentrasi pikiran kita, genggam tangan dan sentuhkan kedua ibu jaru kita, saling menekan dan saling menguatkan. Lakukan sambil menutup mata dan terfokus pada aktivitas kita.

Saatnya…sarapan pagi bukan hanya untuk otak dan fisik tapi juga untuk hati dan pikiran kita.

Semoga bermanfaat

Firman Pratama,ST,CHt,CNLP

Owner Wahana Sejati

Satu Tanggapan

  1. setuju banget sarapan pagi. ap lagi di tambah senam pagi
    lengkap
    tapi alangkah baiknya sebelum sarapan pagi makan buah segar yg manis.
    wah…….. mantap……..oik…….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: