Berkhayal Makanan Terbukti Bisa Membuat Kenyang

Baru saja nonton Wisata Kuliner? Mungkin terbayang-bayang sambal bu Rudy yang ditayangkan tadi. Siapa bilang membayangkan makanan favorit bisa bikin nafsu makan bertambah? Menurut penelitian terakhir, membayangkan makanan justru bikin nafsu makan berkurang!

Anda sering mengidamkan makanan tertentu sampai membayangkan memakannya? Tak perlu khawatir akan nafsu makan menggila disaat bertemu makanan favorit itu. Berdasarkan penelitian di  Carnegie Mellon University beberapa waktu lalu didapat bahwa orang yang membayangkan makanan tertentu secara terus menerus bisa menurunkan keinganan makanan ketika dihadapkan dengan makanan nyata.

 Seperti yang dilansir dari webMD, penelitian ini mematahkan asumsi kalau membayangkan makanan bisa membuat makan lebih banyak. “Tidak hanya membayangkan makanan saja, tapi hal ini juga berpengaruh pada hal lain, seperti merokok, dan juga obat-obatan. Dengan membayangkannya dapat menekan keinginan mengkonsumsinya,” ujat Carey Morewege, PhD dari Carnegie Mellon University.

Carey melakukan sebuah eksperimen kepada sebuah kelompok. Satu orang disuruh membayangkan memasukkan koin ke mesin cuci kemudian membayangkan makan 30 butir cokelat satu persatu. Sedangkan kelompok lainnya disuruh meletakkan 33 koin ke dalam mesin cuci kemudian membayangkan makan 3 butir cokelat.

Hasilnya, kelompok orang yang membayangkan makan cokelat lebih banyak cenderung lebih sedikit mengkonsumsi cokelat ketika dihadapkan dengan cokelat sungguhan. Berbanding terbalik dengan kelompok yang hanya membayangkan 3 butir cokelat. Para peneliti mendeteksi adanya korelasi antara pengurangan bertahap dalam motivasi untuk mendapatkan makanan dan penurunan dalam pengambilan makanan sebenarnya.

Dengan membayangkan makanan akan membuat memori otak  merasakan dan membuat perasaan kenyang ketika berhadapan dengan makanan nyata. Cara ini bisa membantu Anda yang ingin menjalankan program diet. Mau coba?

Semoga bermanfaat,
Salam Fokus Luar Biasa (FLB)
Firman Pratama,ST,CHt,CNLP
Director of Wahana Sejati
Founder of Alpha Telepati

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: