5 Rahasia Membuat Sugesti yang Mujarab

Sugesti, satu kata ini sering dianggap suatu yang menakutkan karena pasti pikiran kita langsung menghubungkan dengan proses hipnotis yang jahat. Banyak orang menganggap sugesti adalah suatu kalimat sakti dan hasil dari ilmu hitam.  Itulah nilai yang tertanam pada pikiran masyarakat kita. Menganggap sugesti merupakan sesuatu mantra..sehingga jika ada kalimat ” Dengarkan sugesti saya”…membuat langsung merinding.


Menurut saya, sugesti berasal dari bahasa Inggris yaitu suggestion yang artinya saran.  Jadi sugesti adalah saran yang disampaikan oleh figur yang memiliki dominansi lebih tinggi sehingga mampu masuk ke pikiran bawah sadar.

Misalnya dokter kepada pasiennya, lalu seorang kyai kepada santrinya…………

Agar saran itu mampu menembus gerbang batas pikiran sadar dan bawah sadar maka harus memenuhi hukum berikut :

5 Hukum Sugesti yang “Mujarab”

1. Menggunakan kata “Bayangkan dan Rasakan”

Dua kata sakti diatas merupakan kata yang mudah menembus pikiran bawah sadar setiap orang, kata bayangkan akan menggali semua memori dalam pikiran bawah sadar kita.

2. Menghindari kata Jangan

Sifat pikiran yang menolak kata Jangan harus kita waspadai, jika anda seorang dokter kemudian mengatakan “jangan makan jeroan ya bu”, maka yang pasien anda terima adalah makan jeroan. Karena pikiran akan membayangkan jeroan, yaitu kata setelah kata “jangan”

3. Dominasi Figur

Jika anda ingin memberikan sugesti yang mujarab, maka buat diri anda lebih dari orang yang akan anda sugesti. Misal pakaian anda berbeda, gaya bicara yang berbeda. Contoh seorang dokter yang memakai jas putih lebih dominan jika dibanding tanpa memakai jas

4. Reaksi Berkebalikan

Pernah mendengar lirik lagu ini “semakin aku mencintaimu semakin ku menggilaimu”

Ya itu adalah contoh dari hukum reaksi berkebalikan. Semakin A maka kamu semakin B

5. Pertegas.

Jika anda member sugesti, pertegas waktu mulainya. Contoh :”Mulai sekarang dan seterusnya, kamu harus belajar lebih baik

Itulah 5 Hukum dasar dalam membuat sugesti yang mujarab

Dengan memahami beberapa prinsip diatas, maka kita dapat menyusun kalimat-kalimat saran ajakan atupun perintah langsung menjadi sebuah sugesti.

Pernahkah Anda mendengar kata “Sugesti”? Saya yakin Anda sudah pernah bahkan sering mendengarnya. Dalam kamus bahasa Indonesia, sugesti selain artinya suatu saran / pendapat juga berarti suatu pengaruh yang dapat menggerakkan hati orang dan memberikan dorongan atau motivasi terhadap suatu keyakinan.

Simple bukan ? Kedengarannya memang demikian. Tapi pada prakteknya, sugesti memiliki makna yang cukup besar dalam ruang lingkup kesehatan. Pada banyak kasus saya jumpai orang yang sebenarnya sehat, namun ia mendapatkan self-suggestion (tersugesti oleh dirinya sendiri) bahwa ia sebenarnya sakit; dan dia  pun benar-benar sakit.

Demikian pula sebaliknya, saya juga beberapa kali menjumpai orang yang sebenarnya sedang sakit, tapi karena mendapatkan sugesti yang kuat akhirnya dia seketika itu pula mengalami peningkatan kesehatan. Pernahkan Anda mendengar cerita tentang seorang dokter top di suatu tempat yang pasiennya demikian banyaknya hingga harus antri panjang sekali? Pada kondisi seperti ini sering sugesti bermain pada orang yang mendengar tentang sang dokter tersebut. Kadang baru dengar namanya saja sudah merasa enak dan sembuh.

Contoh nyata di Indonesia, adalah peristiwa dukun cilik ponari yang mampu membuktikan adanya sugesti tersebut

Semoga bermanfaat,

Firman Pratama

Artikel Terkait:

About these ads

11 Tanggapan

  1. Bos… Ilmu nya sangat bermanfaat.. Semoga menjadi Amal Jariyah…

  2. Bener juga nih.. sugesti berperan penting dalam hidup.. seringnya secara nggak sadar, bersugesti: jauhnyaa.. akhirnya beneran berasa jauh. Thanks infonya nih :-)

  3. selamat pagi.. saya mau tanya, apabila kita akan mensugesti diri kita sendiri, bagaimanakah tahap awalnya… apakah sama dengan mensugesti orang lain.?? terimakasih

  4. bener pak sering saya coba untuk mensugesti diri sendiri dan orang lain dengan kejelekan dan kebaikan ternyata terbukti benar2 bisa.. tapi yang sering saya keluhkan ketika saya tidak bisa mengkontrol emosi dan perasaan saya kalau lagi marah. mohon pencerahannya untuk mengkontrol hal demikian.. terima kasih :)

  5. Pada poin no.4. Reaksi Berkebalikan.
    Tolong mas firman memberikan penjelasan lebih terperinci, karena saya sedikit bingung pada poin no.4 tersebut. Dan tolong berikan contoh lain yang lebih gampang di pahami.
    Terimakasih.

  6. ne bisa buat masukan untuk saya,maksh udah di posting…salam hipnotion

  7. Memang Bnyk org yg mendengar kta sugesti pasti org itu akan trkejut, bnyk org yg brfikir sugesti itu negatif tpi menurut sya sugesti itu positif bahkan sugesti itu membuat manfaat bgi seseorang :)

  8. Firman Pratama, penjelasan nya mantap pedagang dan seles memberi sugesti kepada calon pembeli supaya dagangan nya laku media mensugesti agar orang tertarik membaca atau menonton yang penting kalau ada yang memberi sugesti tentang hal goib jangan percaya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 4.821 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: